Persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru pratikan Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang hubungannya dengan motivasi belajar siswa pada semester genap tahun ajaran 2008/2009 di SMK Negeri 6 Malang / Aditya Permata - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru pratikan Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang hubungannya dengan motivasi belajar siswa pada semester genap tahun ajaran 2008/2009 di SMK Negeri 6 Malang / Aditya Permata

Permata, Aditya (2009) Persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru pratikan Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang hubungannya dengan motivasi belajar siswa pada semester genap tahun ajaran 2008/2009 di SMK Negeri 6 Malang / Aditya Permata. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Permata Aditya. 2009. Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Guru Praktikan Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Hubungannya dengan Motivasi Belajar Siswa pada Semester Genap Tahun Ajaran 2008/2009 di SMK Negeri 6 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1)Prof. Dr. H. A. Sonhadji KH M.A (2) Dra. Widiyanti M.Pd Kata kunci persepsi siswa keterampilan mengajar guru praktikan motivasi belajar siswa. Persepsi merupakan stimulus untuk menggambarkan pemahaman tentang peristiwa yang telah terjadi yang dapat dijadikan media informasi. Dalam kegiatan belajar mengajar disekolah persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru praktikan sangat penting sekali untuk mengetahui sejauhmana keterampilan mengajar yang dimiliki oleh seorang guru praktikan. Adapun keterampilan mengajar dalam penelitian ini yaitu 1) Keterampilan membuka pelajaran (2) Keterampilan menjelaskan materi (3) Keterampilan bertanya (4) Keterampilan memberi penguatan (5) Keterampilan mengadakan variasi (6) Keterampilan mengelola kelas (7) Keterampilan menutup pelajaran. Jika keterampilan mengajar yang dimiliki oleh seorang guru tinggi maka motivasi belajar seorang siswa juga tinggi. Motivasi belajar bisa tumbuh jika ada dorongan baik dari dalam diri siswa maupun dari luar siswa yang diistilahkan dengan motivasi intristik dan motivasi ekstristik. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru praktikan TM FT UM di SMK Negeri 6 Malang mendiskripsikan seberapa besar tingkat motivasi belajar dan untuk mendiskripsikan hubungan antara keterampilan mengajar guru praktikan TM FT UM 2008 terhadap motivasi belajar siswa SMK Negeri 6 Malang. Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif korelasional yaitu penelitian yang bertujuan untuk memperoleh informasi dan untuk menemukan ada tidaknya suatu hubungan tentang variabel-variabel yang sudah ditentukan sebelumnya. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru praktikan TM FT UM di SMK Negeri 6 Malang hubungannya dengan motivasi belajar siswa secara parsial beberapa variabel tidak mempengaruhi motivasi belajar siswa tetapi secara simultan semua variabel mempengaruhi motivasi belajar siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru praktikan TM FT UM dengan motivasi belajar siswa pada semester genap tahun ajaran 2008/2009 di SMK Negeri 6 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42222

Actions (login required)

View Item View Item