Pengaruh temperatur pemanasan logam alumunium terhadap tingkat kekerasan hasil pengecoran / Sindu Baskoro - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh temperatur pemanasan logam alumunium terhadap tingkat kekerasan hasil pengecoran / Sindu Baskoro

Baskoro, Sindu (2009) Pengaruh temperatur pemanasan logam alumunium terhadap tingkat kekerasan hasil pengecoran / Sindu Baskoro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Variasi temperatur pemanasan dalam setiap pengecoran logam baik logam ferrous maupun logam non ferrous berpengaruh terhadap hasil produk pengecorannya. Untuk mengetahui pengaruh temperatur pemanasan logam alumunium terhadap hasil pengecoran pada tingkat kekerasannya peneliti mengambil sampel dari pengecoran logam Al. Dengan proses yang baik maka proses finishing hasil pengecoran logam alumunium dapat berkurang. Sehingga penggunaan bahan logam dapat digunakan secara maksimal. Metodologi penelitian menggunakan analisis deskriptif eksperimental dimana pengumpulan data melalui hasil pengujian di laboratorium. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah temperatur pemanasan logam alumunium 700 C 750 C 850 C dan 900 C. Sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah tingkan kekasaran hasil pengecoran logam alumunium untuk variabel kontrol yang digunakan adalah suhu yang banyak dipakai pengusaha pengecoran logam sebesar 800 C. Dari pengolahan data hasil penelitian untuk tingkat kekerasan hasil pengecoran ditemukan bahwa dari tabel 4.3 - 4.9 didapatkan bahwa Fhitung tingkat kekerasan lebih besar dari Ftabel dengan demikian dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak dan H diterima sehingga hipotesis yang dapat diambil adalah 1. Ada perbedaan tingkat kekerasan logam alumunium hasil pengecoran yang dipanaskan antara temperatur 800 C dengan 700 C. 2. Ada perbedaan tingkat kekerasan logam alumunium hasil pengecoran yang dipanaskan antara temperatur 800 C dengan 750 C. 3. Ada perbedaan tingkat kekerasan logam alumunium hasil pengecoran yang dipanaskan antara temperatur 800 C dengan 850 C. 4. Ada perbedaan tingkat kekerasan logam alumunium hasil pengecoran yang dipanaskan antara temperatur 800 C dengan 900 C. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi temperatur pemanasan logam alumunium berpengaruh terhadap tingkat kekerasan hasil pengecoran. Untuk variasi temperatur pemanasan logam alumunium (700 C 750 C 850 C 900 C) pada suhu 700 C - 750 C mengalami kenaikan tingkat kekerasan sampai temperatur standar 800 C setelah itu pada suhu 850 C 900 C mengalami penurunan tingkat kekerasan. Jadi dapat disimpulkan temperatur yang menghasilkan tingkat kekerasan alumunium yang paling tinggi pada suhu 800 C.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42218

Actions (login required)

View Item View Item