Studi kasus pelaksanaan pembelajaran praktik sepeda motor di Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Malang dan Departemen Otomotif PPPPTK Malang / Arief Rahma Shofa - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi kasus pelaksanaan pembelajaran praktik sepeda motor di Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Malang dan Departemen Otomotif PPPPTK Malang / Arief Rahma Shofa

Shofa, Arief Rahma (2009) Studi kasus pelaksanaan pembelajaran praktik sepeda motor di Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Malang dan Departemen Otomotif PPPPTK Malang / Arief Rahma Shofa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Shofa Arief Rahma. 2008. Studi Kasus Pelaksanaan Pembelajaran Praktik Sepeda Motor di Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Malang dan Departemen Otomotif PPPPTK Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Mardi Wiyono M.Pd (2) Dra. Widiyanti M.Pd. Kata kunci pembelajaran praktik sepeda motor Meningkatnya industri otomotif tidak didukung dengan tenaga siap kerja khususnya dari SMK sehingga munculnya lembaga yang membuka diklat-diklat otomotif. Lulusan SMK yang rendah karena rata-rata guru pengajar dari lulusan LPTK mempunyai penguasaan subject matter yang rendah. Keberhasilan pelaksanaan pembelajaran praktik sepeda motor dipengaruhi berbagai faktor. Untuk mengetahui pembelajaran yang sesuai dengan stake holder diperlukan studi banding antara lembaga diklat dengan LPTK. Penelitian ini bertujuan mengetahui persiapan pelaksanaan evaluasi dan hasil belajar praktik sepeda motor di kedua lembaga pendidikan. Diharapkan dapat bermanfaat bagi kedua lembaga pendidikan untuk meningkatkan pelaksanaan pembalajaran praktik sepeda motor. Objek yang dijadikan penelitian yaitu mahasiswa di Prodi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Malang (PTO UM) angkatan tahun 2006 dan peserta diklat Departemen Otomotif PPPPTK Malang angkatan tahun 2008. PPPPTK malang merupakan lembaga tinggi yang membuka diklat otomotif jaringan stake holder lebih luas memiliki fasilitas dan tenaga pengajar lebih berkompeten dibidangnya masing-masing. Penelitian dilakukan di PPPPTK dari bulan November sampai Desember sedangkan di UM dari September sampai Oktober. Sampel yang diteliti di PPPPTK 14 peserta diklat dan 1 pengajar di PTO UM 15 mahasiswa dan 1 pengajar. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif expost facto. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hasil belajar praktik sepeda motor di Prodi Pendidikan Teknik Otomotif Univesitas Negeri Malang dengan di Departemen Otomotif PPPPTK Malang mempunyai perbedaan hasil belajar. Menunjukkan hasil belajar yang lebih baik di PPPPTK dengan rata-rata nilai tes praktik (mean) 89 8 dari pada di PTO UM (mean) sebesar 53 2. Nilai hasil belajar praktik sepeda motor di PTO UM lebih rendah karena persiapan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran yang digunakan berbeda dengan yang digunakan di Departemen Otomotif PPPPTK. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan bahwa untuk memperoleh hasil belajar yang lebih baik maka harus melaksanakan persiapan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran yang baik. Persiapan pembelajaran yang baik setidaknya meliputi pembuatan rancangan program pembelajaran persiapan media pembelajaran dan persiapan peralatan. Metode evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran praktik sepeda motor setidaknya adalah menggunakan tes teori dan praktik disetiap akhir bab pembahasan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42216

Actions (login required)

View Item View Item