Pengaruh variasi profil sudu pada runner terhadap efisiensi yang dihasilkan oleh turbin air pelton / Teguh Raharjo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh variasi profil sudu pada runner terhadap efisiensi yang dihasilkan oleh turbin air pelton / Teguh Raharjo

Raharjo, Teguh (2009) Pengaruh variasi profil sudu pada runner terhadap efisiensi yang dihasilkan oleh turbin air pelton / Teguh Raharjo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Profil sudu merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap eifisiensi yang dihasilkan oleh turbin air pelton. Untuk mengetahui profil sudu manakah yang mempunyai efisiensi yang paling baik dilakukan penelitian dengan cara membedakan efisiensi yang dihasilkan oleh profil sudu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana perbedaan antara efisiensi yang dihasilkan oleh turbin air pelton menggunakan variasi profil sudu. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Mesin Konversi Energi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. tanggal 2 Desember sampai 3 Desember 2008. Rancangan penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimental dengan desain faktorial 3 x 5. Analisis yang dipakai adalah two way annova. Variasi profil sudu yang digunakan dalam penelitian ini adalah profil sudu bilah sejajar profil sudu bilah tegak lurus dan profil sudu mangkuk dengan head pada P 0 4 kg/cm2 head pada P 0 8 kg/cm2 head pada P 1 2 kg/cm2 head pada P 1 6 kg/cm2 dan head pada P 2 0 kg/cm2. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara efisiensi turbin air pelton menggunakan profil sudu bilah sejajar profil sudu bilah tegak lurus dan profil sudu mangkuk dengan head pada P 0 4 kg/cm2 head pada P 0 8 kg/cm2 head pada P 1 2 kg/cm2 head pada P 1 6 kg/cm2 dan head pada P 2 0 kg/cm2. Efisiensi paling besar dihasilkan oleh profil sudu mangkuk dengan head pada P 0 4 kg/cm2. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut terhadap varian-varian yang berpengaruh terhadap efisiensi yang dihasilkan oleh turbin air pelton.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 May 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42200

Actions (login required)

View Item View Item