Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Warujayeng 3 Kec. Tanjunganom Kab. Nganjuk / Aji Phaqsi Wisnu Wardhana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Warujayeng 3 Kec. Tanjunganom Kab. Nganjuk / Aji Phaqsi Wisnu Wardhana

Wardhana, Aji Phaqsi Wisnu (2013) Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Warujayeng 3 Kec. Tanjunganom Kab. Nganjuk / Aji Phaqsi Wisnu Wardhana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament TGT Hasil Belajar IPS IPS merupakan mata pelajaran dengan struktur isi yang terdiri atas fakta konsep dan generalisasi. Oleh karena itu dibutuhkan metode yang tepat agar siswa lebih mudah memahami materi pelajaran. Metode belajar yang tepat akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metode pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat memunculkan kerjasama dan kompetisi yang dikemas dalam permainan akademik sehingga siswa yang mampu dalam bidang akademik dapat membantu siswa lain sehingga dapat belajar sama baiknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT dan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang diterapkan melalui 2 siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Warujayeng 3 Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk mulai tanggal 11 Februari 2013 sampai 11 Maret 2013. Selama penelitian siklus I dan siklus II berlangsung banyak terjadi peningkatan pada proses belajar siswa kelas V yang berjumlah 32 orang. Pada siklus I masih terlihat ada beberapa siswa yang mendominasi dan siswa yang lain pasif selain itu sebagian besar siswa juga belum berani bertanya jika tidak memahami materi pelajaran. Sedangkan pada siklus II siswa menjadi lebih aktif dalam berdiskusi dan berani bertanya pada guru ketika mereka kurang memahami materi yang disampaikan. Hasil belajar pada siklus I dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT mengalami peningkatan dari hasil belajar pada tindakan pra penelitian dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hasil belajar siklus I adalah 80 1% meningkat 22.8% dari hasil hasil belajar tindakan pra penelitian yang hanya 57 3%. Jika dilihat dari nilai rata-rata kelas sudah jauh diatas KKM namun hasil belajar individu masih ada siswa yang nilainya dibawah 70. Sedangkan hasil belajar pada siklus II mencapai 81 7% meningkat 24 4% dari tindakan pra penelitian dan meningkat 1 6% dari siklus I. Secara keseluruhan hasil belajar siswa sudah mengalami peningkatan dan mencapai target sesuai dengan yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Teams-Games-Tournament (TGT) dapat meningkatkan proses belajar dan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Warujayeng 3. Dari hasil penelitian ini guru disarankan untuk menerapkan tipe pembelajaran TGT di kelas guna meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/422

Actions (login required)

View Item View Item