Pengaruh pemasangan Air Induction System (AIS) yang digunakan pada motor New Vega R terhadap emisi gas buang CO dan HC / Mukhamad Faiz - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemasangan Air Induction System (AIS) yang digunakan pada motor New Vega R terhadap emisi gas buang CO dan HC / Mukhamad Faiz

Faiz, Mukhamad (2009) Pengaruh pemasangan Air Induction System (AIS) yang digunakan pada motor New Vega R terhadap emisi gas buang CO dan HC / Mukhamad Faiz. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Air Induction System (AIS) adalah sebagai kadar emisi gas buang agar kepekatan terhadap polutan sisa pembakaran kadar (CO dan HC)yang dikeluarkan dari knalpot aman atau ramah terhadap lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemasangan air induction system (AIS) yang digunakan pada motor New Vega R terhadap emisi gas buang CO dan HC. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan faktorial. Analisis hasil penelitian yang dipakai adalah analisis uji anova dua arah atau two way anova. Pengujian dilakukan pada putaran motor 1500 rpm 2500 rpm 4500 rpm 3500 rpm 5000 rpm 5500 rpm. Untuk pengambilan data dilakukan tanpa menggunakan beban selama 20 detik sebanyak 3 kali pada masing-masing putaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari pemasangan Air Induction System terhadap emisi gas buang CO dan HC sepeda motor New Vega R 110 cc pada rata-rata CO (% Vol) motor yang menggunakan Air Induction System Rpm 1500 (0 9133 %vol) lebih tinggi dari pada pada Rpm 2500 (1 5833 %vol) lebih tinggi dari pada Rpm 3500 (1 6200 %vol) lebih tinggi dari pada rpm 5500 (2 10000 %vol) lebih tinggi dari pada Rpm 5000 (2 6900 %vol) lebih tinggi dari pada Rpm 4500 (2 8700 %vol). Rata-rata HC (Ppm) motor yang menggunakan Air Induction System pada Rpm 1500 (11 3333ppm) lebih tinggi dari pada pada Rpm 5500 (17 3333ppm) lebih tinggi dari pada Rpm 3500 (18 3333ppm) lebih tinggi dari pada Rpm 2500 (20 0000 ppm) lebih tinggi dari pada Rpm 5000 (20 6667 ppm) lebih tinggi dari pada Rpm 4500 (30 0000 ppm). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut misalnya pengaruh terhadap daya dan konsumsi bahan bakar yang lebih detail terhadap sepeda motor New Vega R 110 cc atau dengan cara menambahkan Air Induction System pada kendaraan lama yang masih belum menggunakan Air Induction System

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42181

Actions (login required)

View Item View Item