Karakteristik keausan adhesive komposit matrik aluminium dengan penguat grafit / Bagus Fitra Dwi Yunanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Karakteristik keausan adhesive komposit matrik aluminium dengan penguat grafit / Bagus Fitra Dwi Yunanto

Yunanto, Bagus Fitra Dwi (2009) Karakteristik keausan adhesive komposit matrik aluminium dengan penguat grafit / Bagus Fitra Dwi Yunanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keausan adhesive adalah suatu keausan yang terjadi karena adanya gesekan antara permukaan kerja yang menjadi satu (ter-assembling) akibat adanya panas gesekan. Keausan adhesive dapat diminimalisir dengan menambahkan grafit pada proses pengecoran dengan cara dicampurkan pada saat logam dalam keadaan semi solid dan diaduk sampai grafit benar-benar terdistribusikan secara merata. Karena grafit memiliki ikatan lamellar yang memungkinkan terbentuknya lapisan lapisan film pada permukaan benda atau logam yang dikenai gaya gesek dimana lapisan ini berfungsi sebagai pelumas padat. Lapisan film ini terbentuk karena adanya kristal-kristal grafit yang tertinggal pada permukaan logam dalam bentuk platelet. Dengan kondisi seperti di atas dapat memperkecil gesekan yang terjadi. Untuk mengetahui pengaruh penambahan penguat grafit 1 5% 3% 4 5%. terhadap karakteristik keausan adhesive komposit matrik dan tingkat kekerasannya kami mengambil sampel pada logam Al cor. Dengan persiapan yang matang dan pelaksanaan yang baik maka finishing hasil pengecoran dapat menjadi lebih mudah. Metodologi penelitian menggunakan analisis deskriptif dimanana pengumpulan data melalui hasil pengujian di laboratorium. Proses pengecoran dilaksanakan di Laboratorium Teknik Mesin Unversitas Brawijaya Malang. Proses pengujian kekerasan dan metalografi dilaksanakan di Laboratorium Institut Teknologi Nasional Malang dengan menggunakan metode Vickers sedangkan proses uji keausan dilaksanakan di Laboratorium Teknik Mesin Universitas Negeri Malang. Dari penelitian ini diperoleh data bahwa penambahan grafit paling banyak menyebabkan nilai kekerasan meningkat dan nilai ausnya juga menurun. Berdasarkan rumus keausan adhesive Archard dapat disimpulkan bahwa volume keausan berbanding terbalik dengan angka kekerasan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42177

Actions (login required)

View Item View Item