Pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan pada Jurusan Teknik Mesin Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Singosari Malang / Mafa'udin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan pada Jurusan Teknik Mesin Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Singosari Malang / Mafa'udin

Mafa'udin (2010) Pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan pada Jurusan Teknik Mesin Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Singosari Malang / Mafa'udin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dikembangkan sesuai satuan pendidikan potensi karakteristik sekolah/daerah sosial budaya masyarakat dan karakteristik peserta didik. Keluarnya Permendiknas no 22 dan 23 tahun 2006 menandai perubahan KBK menjadi kurikulum KTSP. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan KTSP pada jenjang pendidikan dasar dan menengah disusun oleh satuan pendidikan dengan mengacu kepada SI dan SKL serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan di jurusan Teknik Mesin di SMK Negeri I Singosari yang berkaitan dengan proses perencanaan pelaksanaan dan penilaian hasil belajar yang sesuai dengan KTSP. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pihak-pihak terkait baik pihak SMK maupun pemerintah. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri I Singosari dengan objek penelitian jurusan Teknik Mesin. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran KTSP di SMKN I Singosari cukup baik seperti dalam perencanaan pembelajaran yaitu (1) dalam perencanaan pembelajaran guru menyusun prota promes dan rencana pelaksanaan pembelajaran (2) RPP disusun secara tim guru yang dikoordinasikan oleh pihak jurusan (3) guru mengembangkan sumber belajar berupa modul dan job sheet. Dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu (1) menciptakan suasana belajar yang kondusif dengan kedisiplinan dan pembelajaran moving class (2) pembelajaran dilaksanakan oleh guru dengan melaksankan skenario dalam RPP (3) guru dalam aktivitas pembelajaran bertindak sebagai fasilitator dan lebih banyak melibatkan siswa (4) metode pembelajaran lebih banyak menggunakan diskusi kerja kelompok dan praktek langsung (5) pengawasan dilakukan oleh pihak sekolah kepada guru dalam pembelajaran dikelas. Berkaitan penilaian hasil belajar yaitu (1) penilain yang digunakan adalah penilaian berbasis kelas (2) guru menggunakan berbagai metode penilaian yang mencakup tiga ranah yaitu kognitif afektif dan psikomotorik (3) prinsip penilaian dengan acuan patokan (PAP) (4) sekolah membuat Standar Kompetensi Minimal (SKM) dengan patokan yang berbeda berdasarkan tingkat dan program keahliannya (5) guru memberikan ujian remidial apabila nilai siswa tidak memenuhi standar. Hambatan pelaksanaan KTSP (1) sebagian guru masih menggunakan metode pembelajaran secara konvensional (2) pelaksanaan pembelajaran belum menggunakan sumber belajar modul secara sepenuhnya sehingga modular sistem tidak berjalan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42171

Actions (login required)

View Item View Item