Pengaruh pemasangan lubang divergent grid pada motor Honda GL 160 tahun 1996 terhadap konsumsi pemakaian bahan bakar jenis bahan bakar premium dan bahan bakar pertamax plus / Minarno - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemasangan lubang divergent grid pada motor Honda GL 160 tahun 1996 terhadap konsumsi pemakaian bahan bakar jenis bahan bakar premium dan bahan bakar pertamax plus / Minarno

Minarno (2009) Pengaruh pemasangan lubang divergent grid pada motor Honda GL 160 tahun 1996 terhadap konsumsi pemakaian bahan bakar jenis bahan bakar premium dan bahan bakar pertamax plus / Minarno. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Divergent grid adalah suatu komponen yang dipasang pada saluran intake manifold setelah karburator yang merupakan suatu piranti berupa pelat datar yang di lubangi dengan ukuran Bentuk lubang dan kemiringan tertentu yang simetris terhadap sumbu horisontal pelat grid. Lubang tersebut berfungsi melewatkan campuran bahan bakar dan udara. Dengan mengatur arah aliran yang melewati lubang divergent grid tersebut maka aliran yang berolak atau turbulen akan dapat di hasilkan. Dengan adanya olakan ini di harapkan kemungkinan terjadinya kontak antara molekul-molekul bahan bakar dan udara makin besar Sehingga kondisi campurannya akan semakin homogen. Divergent grid terdiri dari 18 lubang yang simetris terhadap sumbu horizontal yang mana arah dari lubang tersebut di atur dengan sudut 50 dari garis horisontal. Banyak yang mengharapkan konsumsi bahan bakar dari kendaraannya dapat lebih irit dengan memasang divergent grid. Dengan penambahan divergent grid Akan membuat campuran udara dengan bahan bakar semakin sempurna atau semakin homogen sehingga pembakaran akan semakin sempurna. Perangkat divergent grid ini mempunyai kelebihan dari perangkat lain yang bertujuan untuk menimbulkan olakan bahan bakar pada intake manifold. Divergent grid ini di pasang di antara karburator dan saluran intake manifold yang mana bahan bakar yang masuk dari karburator arahnya di rubah oleh komponen divergent grid ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan yang signifikan antara pengaruh pemasangan lubang divergent grid terhadap konsumsi pemakaian bahan bakar sepeda motor Honda GL 160 tahun 1996 yang menggunakan bahan bakar premium dan bahan bakar pertamax plus dan mengetahui adakah perbedaan yang signifikan pengaruh jenis bahan bakar (premium dan pertamax plus) terhadap konsumsi pemakaian bahan bakar sepeda motor Honda GL 160 tahun 1996. Penelitian ini dilakukan di laboratorium bengkel FT universitas negeri malang secara langsung pada obyek penellitian tanggal 13-16 Desember 2006. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan faktorial. Analisis hasil penelitian yang dipakai adalah analisis uji anova dua arah atau two way anova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada interaksi antara pemakaian divergent grid dan jenis bahan bakar terhadap konsumsi pemakaian bahan bakar yaitu Penggunaan Divergent grid berpengaruh secara signifikan terhadap efisiensi bahan bakar pada kendaraan Honda GL 160 Tahun 1996 dan jenis bahan bakar berpengaruh secara signifikan terhadap efisiensi bahan bakar pada kendaraan Honda GL 160 Tahun 1996 . Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut misalnya pengaruh divergent grid terhadap daya dan emisi gas buang pada Honda GL 160 Tahun 1996

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42167

Actions (login required)

View Item View Item