Hubungan konsep diri dengan pilihan karier siswa kelas X Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Blitar / Witria Yuningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan konsep diri dengan pilihan karier siswa kelas X Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Blitar / Witria Yuningsih

Yuningsih, Witria (2009) Hubungan konsep diri dengan pilihan karier siswa kelas X Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Blitar / Witria Yuningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Konsep diri merupakan pemahaman individu terhadap diri sendiri meliputi diri fisik diri pribadi diri keluarga diri sosial dan diri moral etik. Pilihan karier merupakan proses menentukan pekerjaan atau studi lanjut yang didasarkan pada pemahaman individu tentang diri sendiri tujuan berkarier keputusan karier yang berkaitan dengan pekerjaan dan keputusan karier yang berkaitan dengan studi lanjut. Dalam menentukan suatu pilihan karier banyak faktor yang berperan di dalamnya. Pilihan jabatan dalam suatu pekerjaan merupakan perpaduan faktor dalam diri individu dan faktor dari luar individu. Faktor yang paling mendasar dalam diri individu adalah konsep diri. Proses ini menunjang pelaksanaan indi-vidu untuk menterjemahkan konsep dirinya terhadap pekerjaan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk (1) menge- tahui gambaran konsep diri siswa kelas X Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Blitar (2) mengetahui gambaran pilihan karier siswa kelas X Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Blitar (3) mengetahui hubungan konsep diri dengan pilihan karier siswa kelas X Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Blitar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Blitar. Sampel penelitian diambil 50% dengan teknik random sampling. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan angket (kuesioner). Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif analisis korelasi product moment dan analisis regresi linier sederhana dengan tingkat signifikasi 5% atau 0 05. Hasil penelitian menunjukkan (1) sebagian kecil siswa yang konsep dirinya berada dalam kategori positif yaitu 30 siswa (41 1%) (2) sebagian besar yang konsep dirinya dalam kategori menengah yaitu 43 siswa (58 9%) (3) tidak ada siswa yang konsep dirinya dalam kategori rendah/negatif yaitu 0 siswa (0 0%) (4) sebagian besar siswa kelas X Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Blitar yang mampu memilih karir yaitu 61 siswa (83 6%) (5) sebagian kecil siswa yang sangat mampu memilih karier yaitu 3 siswa (4 1%) (6) sebagian kecil siswa yang kurang mampu memilih karir yaitu 9 siswa (12 3%) dan (7) sebagian kecil yang tidak mampu memilih karir yaitu 0 siswa (0 0%). Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukkan (1) ada hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan pilihan karier sebesar 0 425 (2) R square diperoleh bahwa variabel bebas (X) mempengaruhi variabel terikat sebesar 18 1% sedangkan sisanya 88 9% dijelaskan oleh variabel-variabel lainnya yang tidak disebutkan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian maka diajukan saran (1) siswa lebih mengkonsep dirinya dengan baik sehingga konsep diri mereka menjadi positif dengan cara memilih pergaulan yang benar mengikuti kegiatan yang positif untuk menyalurkan bakat minat untuk mengembangkan potensi diri sehingga dengan kegiatan yang positif akan membentuk konsep diri yang positif. Siswa lebih aktif memperluas wawasan tentang informasi karier tidak hanya dari sekolah tetapi juga dari luar sekolah misalnya dari internet majalah koran dan lain-lain (2) orang tua bekerjasama dengan guru harus bisa menjadi teman yang baik untuk anaknya memberikan motivasi kepada anak mengarahkan anak untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang positif seperti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah sehing- ga akan membantu terbentuknya konsep diri yang positif. Orang tua memberikan wawasan pengalaman karier yang selama ini diperoleh orang tua sehing-ga dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan pilihan kerier (3) guru memberikan program bimbingan kepribadian agar konsep diri siswa yang awalnya menengah menjadi berkonsep diri positif. Memberikan materi bimbingan infor- masi karier dan kelanjutan studi setelah lulus dari SMK (4) sekolah menyediakan suatu wadah untuk menampung kreatifitas siswa melalui kegiatan ekstra kurikuler untuk membantu membentuk konsep diri positif. Sekolah mampu menjadi pusat informasi karier dengan cara menyediakan buku pedoman bimbingan karier mengadakan studi banding ke perusahaan atau ke perguruan tinggi agar siswa mempunyai gambaran secara jelas mengenai dunia kerja atau studi lanjut yang akan dipilih siswa (5) bagi peneliti dengan keterbatasan penelitian ini maka hasil penelitian ini belum memberikan sumbangan yang lebih luas khususnya SMK Negeri 1 Blitar sebagai tempat penelitian. Oleh karena itu kepada para peliti yang tertarik pada topk atau permasalahan yang sama hendaknya menindaklanjuti penelitian ini dengan variabel lain misalnya minat siswa status sosial ekonomi orang tua inteligensi siswa dan masih banyak variabel yang lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42165

Actions (login required)

View Item View Item