Hubungan latar belakang lingkungan keluarga, fasilitas belajar dan prestasi be;ajar program diklat kewirausahaan dengan minat berwirausaha siswa kelas XII SMK Negeri I Kota Mojokerto / M. Ismail Hasan - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan latar belakang lingkungan keluarga, fasilitas belajar dan prestasi be;ajar program diklat kewirausahaan dengan minat berwirausaha siswa kelas XII SMK Negeri I Kota Mojokerto / M. Ismail Hasan

Hasan, M. Ismail (2009) Hubungan latar belakang lingkungan keluarga, fasilitas belajar dan prestasi be;ajar program diklat kewirausahaan dengan minat berwirausaha siswa kelas XII SMK Negeri I Kota Mojokerto / M. Ismail Hasan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada akhir tahun 2005 di Indonesia diperkirakan terjadi peningkatan 11% jumlah pengangguran dari tahun 2004. Total jumlah pengangguran sampai awal tahun 2006 mencapai angka 12.000.000 dimana 10% diantaranya ( 1.000.000) adalah kaum intelek yang telah lulus dari perguruan tinggi dan sekolah menengah Kompas (2005 1). Dari hasil penelitian ditemukan banyaknya lulusan yang masih enggan untuk memulai wirausaha dengan alasan mereka tidak dirangsang dan di-latih untuk berusaha sendiri. Peran orang tua dipandang utama dan bertanggungjawab dalam men-dukung prestasi anak pada proses belajar. Sehingga yang menjadi topik pem-bahasan dalam penelitian ini berkisar tentang lingkungan keluarga dan fasilitas belajar yang mendukung anak untuk berprestasi dan memunculkan ide-ide kreatif terutama dalam minat berwirausaha. Variabel dalam penelitian ini antara lain variabel bebas adalah latar bela-kang lingkungan keluarga dan fasilitas belajar variabel intervening adalah pres-tasi belajar program diklat kewirausahaan dan variabel terikat adalah minat ber-wirausaha. Tujuan dari penelitian adalah (1) mendeskripsikan latar belakang lingkungan keluarga fasilitas belajar prestasi belajar Program Diklat Kewira-usahaan dan minat berwirausaha (2) menganalisis signifikasi hubungan secara langsung antara latar belakang lingkungan keluarga dengan prestasi belajar Prog-ram Diklat kewirausahaan (3) menganalisis signifikasi hubungan secara langsung antara fasilitas belajar dengan prestasi belajar Program Diklat Kewirausahaan menganalisis signifikasi hubungan secara langsung antara latar belakang ling-kungan keluarga dengan prestasi belajar Program Diklat Kewirausahaan (4) menganalisis signifikasi hubungan secara langsung antara prestasi belajar Prog-ram Diklat Kewirausahaan dengan minat berwirausaha (5) menganalisis signifi-kasi hubungan secara langsung antara latar belakang lingkungan keluarga dengan minat berwirausaha (6) menganalisis signifikasi hubungan secara langsung antara fasilitas belajar dengan minat berwirausaha (7) menganalisis signifikasi hubungan secara tidak langsung antara latar belakang lingkungan keluarga dengan minat berwirausaha melalui prestasi belajar Program Diklat Kewirausahaan (8) meng-analisis signifikasi hubungan secara tidak langsung antara fasilitas belajar dengan minat berwirausaha melalui prestasi belajar Program Diklat Kewirausahaan. Pene-litian ini dilakukan pada siswa kelas XII SMK Negeri I Kota Mojokerto. Sampel penelitian diambil 53 responden dari jumlah total 200 siswa kelas XII dengan rincian 26 siswa Jurusan Teknik Mesin Otomotif dan 27 siswa Jurus-an Teknik Komputer dan Jaringan. Teknik sampel yang digunakan pada penelitian adalah menggunakan metode proportional random sampling dengan metode kue-sioner. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskripsi dan ana-lisis jalur (path analysis) dengan teknik regresi ganda. Sedangkan prestasi belajar Program Diklat Kewirausahaan digunakan metode dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa (1) terdapat 50 94% dari responden yang kondisi latar belakang lingkungan keluarga tergolong dalam tingkatan ku-rang mendukung (2) kondisi fasilitas belajar siswa dirumah tergolong kurang mendukung untuk menumbuhkan motivasi belajar dan mendorong minat berwira-usaha (45 28%) (3) kondisi prestasi belajar siswa pada Program Diklat Kewira-usahaan mayoritas tergolong cukup (45 28% dari jumlah responden yang menun-taskan Program Diklat Kewirausahaan dengan nilai 7 00) (4) minat berwira-usaha siswa dikategorikan tinggi (sebanyak 62 28% siswa yang memiliki minat dan perhatian dalam bidang wirausaha) (5) antara latar belakang lingkungan ke-luarga dengan prestasi belajar terdapat hubungan langsung dan signifikan (r 38 5%) dan ( 945 0 05) (6) antara fasilitas belajar dengan prestasi belajar tidak ter-dapat hubungan secara langsung dan signifikan ( 945 0 05) dan (r -0 174) (7) va-riabel prestasi belajar dengan minat berwirausaha tidak terdapat hubungan secara langsung dan signifikan (r 8 5%) dan ( 945 0 05) (8) terdapat hubungan secara langsung dan signifikan antara latar belakang lingkungan keluarga dengan minat berwirausaha (r 50 4%) dan ( 945 0 05) (9) variabel fasilitas belajar dengan mi-nat berwirausaha terdapat hubungan langsung dan signifikan (r 37 8%) dan ( 945 0 05) (10) Sedangkan hubungan tidak langsung pada latar belakang lingkungan keluarga dengan minat berwirausaha melalui prestasi belajar ditemukan adanya hubungan yang signifikan namun kontribusi yang diberikan sangatlah kecil yaitu (r 3 2%) (11) Pada hubungan fasilitas belajar dengan minat berwirausaha mela-lui prestasi belajar tidak ditemukan adanya hubungan yang signifikan (r 6 6%). Bertitik tolak dari temuan di atas serta dikarenakan dari hasil penelitian lingkungan keluarga dan fasilitas belajar berhubungan dengan minat berwirausa-ha maka perlu ditingkatkan kerjasama dalam penyediaan fasilitas pembelajaran wirausaha seperti membuka bengkel otomotif warnet rental komputer toko komputer yang pengelolaan manajemennya diserahkan pada siswa. Sedangkan modal disediakan oleh orangtua/sponsor dan pihak sekolah sebagai pengawas jalannya usaha.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42164

Actions (login required)

View Item View Item