Analisa kecelakaan kerja pada unit sigaret kretek mesin di PT. Gudang Garam Tbk, Kediri / Mohamad Yusuf Wibowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisa kecelakaan kerja pada unit sigaret kretek mesin di PT. Gudang Garam Tbk, Kediri / Mohamad Yusuf Wibowo

Mohamad Yusuf Wibowo (2009) Analisa kecelakaan kerja pada unit sigaret kretek mesin di PT. Gudang Garam Tbk, Kediri / Mohamad Yusuf Wibowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Untuk menekan biaya kerugian perusahaan salah satu cara adalah menekan angka kecelakaan kerja yang terjadi di perusahaan.Untuk mewujudkan itu perusahaan harus melakukan tindakan pencegahan dengan cara memperbaiki fasilitas K3 dan meningkatkan kualitas pekerja sehingga menumbuhkan sikap yang baik. Secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kecelakaan kerja yang terjadi pada Unit Sigaret Kretek Mesin di PT. Gudang Garam Tbk. Kediri. Melalui (1) Dekripsi jumlah kecelakaan kerja tahun 2005 (2) Deskripsi tingkat kekerapan kecelakaan kerja tahun 2005 (3) Deskripsi tingkat keparahan kecelakaan kerja tahun 2005 (4) Deskripsi Safe-T-Score (5) Deskripsi susunan dan tugas P2K3 (6) Deskripsi fasilitas K3 (7) Deskripsi sikap pekerja pada lingkungan kerja. Rancangan penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode observasi dokumentasi dan angket sebagai instrument dalam mengumpulkan data. Sampel diambil dari karyawan yang mengalami kecelakaan kerja di unit Sigaret Kretek Mesin PT. Gudang Garam Tbk. Kediri. Yang semuanya berjumlah 21 karyawan. Dari hasil penelitian ini peneliti menemukan bahwa (1) jumlah kecelakaan kerja yang terjadi di Unit sigaret Kretek Mesin pada tahun 2005 berjumlah 21 kasus atau 2 85 % dari seluruh kasus kecelakaan yang terjadi di PT. Gudang Garam Tbk. Kediri. (2) untuk 2.813 karyawan yang bekerja dalam kurun waktu 1.000.000 jam kerja karyawan terjadi 3 kali kecelakaan (3) dalam kurun waktu 1.000.000 jam waktu efektif/produktif selama 133 hari hilang (4) STS menunjukkan angka negative yaitu -3 8606 yang berarti kondisi semakin membaik (5) susunan dan tugas P2K3 telah terinci dalam mannual report di tingkat pusat perwakilan badan divisi bidang dan unit. (6) fasilitas Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang terdapat pada unit Sigaret kretek Mesin disediakan oleh perusahaan dengan jumlah yang memadai dan pada umumnya dipakai dengan semestinya (7) karyawan yang mengalami kecelakaan tahun 2005 pada Unit Sigaret krtek Mesin sebagian besar memiliki pemahaman yang baik terhadap K3.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42162

Actions (login required)

View Item View Item