Pengembangan media pembelajaran proses pengecoran logam untuk matakuliah proses produksi V dengan menggunakan software authoring multimedia pada Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang / Farid Pandu Wirawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran proses pengecoran logam untuk matakuliah proses produksi V dengan menggunakan software authoring multimedia pada Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang / Farid Pandu Wirawan

Farid Pandu Wirawan (2009) Pengembangan media pembelajaran proses pengecoran logam untuk matakuliah proses produksi V dengan menggunakan software authoring multimedia pada Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang / Farid Pandu Wirawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengecoran logam merupakan salah satu subkompetensi yang harus dikuasai oleh mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin yang menempuh matakuliah Proses Produksi V. Salah satu subkompetensi yang harus dicapai adalah mahasiswa memiliki kemampuan dan pengetahuan tentang konsep dasar prinsip dan prosedur pengecoran logam dengan menggunakan berbagai mesin perkakas secara tepat dan memiliki kompetensi untuk membuat produk instruksional serta mengajarkannya di SMK. Proses pembelajaran pengecoran logam memerlukan beberapa media dan bahan pengajaran yang dapat menjelaskan tentang material logam dan proses pengecoran logam. Mulai dari pembuatan pola pembuatan cetakan hingga menjadi produk coran. Proses pengajaran dan pembelajaran matakuliah ini dalam pelaksanaannya menggunakan metode ceramah sehingga kompetensi yang harus dicapai tidak relevan dengan media yang tersedia di laboratorium Teknik Mesin Universitas Negeri Malang. Perkembangan teknologi khususnya bidang teknologi informasi saat ini telah berkembang dengan pesat hal ini seharusnya dapat dimanfaatkan dunia pendidikan untuk mengembangkan proses pengajaran dan pembelajaran menjadi lebih baik. Salah satu pemanfaatan teknologi informasi dalam dunia pendidikan adalah pembuatan bahan ajar yang berbasis multimedia. Bahan ajar ini berisi teks grafik animasi bunyi dan video sehingga memungkinkan bahan ajar ini dapat dijadikan pembelajaran mandiri tanpa adanya guru. Penggunaan multimedia dengan animasi atau video untuk menjelaskan suatu materi dapat dijadikan sebagai salah satu pemecahan terbatasnya sarana dan prasarana laboratorium praktik. Melihat kondisi tersebut pengembangan bahan ajar yang berupa multimedia interaktif proses pengecoran logam untuk mata kuliah proses produksi V pada jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang sangat diperlukan. Tujuan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk CD interaktif yang dapat menjelaskan proses pengecoran logam secara utuh sehingga keterbatasan media yang dimiliki laboratorium praktik Teknik Mesin dapat teratasi dengan pemanfaatan animasi dan video tentang proses pengecoran logam. Produk multimedia interaktif ini diharapkan dapat membantu pebelajar karena sesuai dengan kebutuhan pebelajar sendiri dan dapat menambah sumber belajar yang ada. Melalui produk multimedia interaktif ini pebelajar juga akan dapat membangun pengetahuan yang dibutuhkan melalui kegiatan belajar secara individu maupun kelompok. Pengembangan produk multimedia interaktif ini menggunakan model pengembangan Dick Carey yang menggariskan langkah-langkah pengembangan produk secara sistematik. Model pengembangan yang digunakan dalam proyek ini mengacu pada sistematika metode pengajaran proses poduksi V secara umum dan dipadukan dengan sistematika pengembangan produk multimedia. Produk multimedia interaktif ini perlu diuji coba kelayakannya sebagai salah satu bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan Teknik Mesin dalam proses pengajaran matakuliah Proses Produksi V. Uji coba dilakukan dengan meminta masukan dari (1) ahli materi (2) ahli pembelajaran (3) uji coba perorangan (4) dan uji coba kelompok kecil. Kegiatan uji coba telah mendapatkan hasil yang menunjukkan bahwa secara umum produk dapat dikatakan sudah memenuhi kebutuhan pengguna. Uji coba kelompok kecil mendapatkan nilai prosentase dari angket produk multimedia interaktif ini adalah 87 5%. Nilai tersebut jika dicocokkan dengan tabel kelayakan produk berada pada posisi SANGAT BAIK. Produk multimedia pembelajaran yang dihasilkan dibuat untuk kebutuhan pengguna saat ini dalam pemanfaatannya lebih lanjut perlu diadakan revisi berupa penyesuaian kebutuhan pengguna dimasa yang akan datang. Saran dalam pengembangan produk lebih lanjut dapat dilengkapi dengan bahan-bahan yang dianggap dapat memberikan wawasan lebih kepada pengguna dan lebih mengaktifkan peran pebelajar (mahasiswa).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42157

Actions (login required)

View Item View Item