Identifikasi kondisi bengkel, penerapan keselamatan kerja dan tingkat kecelakaan kerja di bengkel multi skill serive PPPGT/VEDC Malang / Laurensius Liah Sang - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi kondisi bengkel, penerapan keselamatan kerja dan tingkat kecelakaan kerja di bengkel multi skill serive PPPGT/VEDC Malang / Laurensius Liah Sang

Laurensius Liah Sang (2008) Identifikasi kondisi bengkel, penerapan keselamatan kerja dan tingkat kecelakaan kerja di bengkel multi skill serive PPPGT/VEDC Malang / Laurensius Liah Sang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian yang berjudul Identifikasi Kondisi Bengkel Dan Penerapan Keselamatan Kerja Terhadapap Tingkat Kecelakaan Kerja Di Bengkel Multi Skill Service PPPGT/VEDC Malang adalah penelitian yang berorientasi pada keselamatan dan kesehatan kerja atau yang lazim disebut K3. Bagaimana pun harus diketahui bahwa keselamatan kerja merupakan bagian penting yang perlu dibina dan diprioritaskan dalam bekerja. Setiap pekerjaan yang berhubungan dengan mesin dan alat alat kerja yang digunakan selalu bertalian dengan resiko kecelakaan. Maka perlu pengorganisasian yang baik dalam sebuah perusahaan industri maupun bengkel terhadap penerapan keselamatan kerja sehingga resiko kecelakaan pun bisa diminimalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakan kondisi bengkel Multi Skill Service PPPGT/VEDC Malang bagaimana penerapan keselamatan kerja bengkel dan bagaimana pula tingkat kecelakaan kerja terjadi terhadap pekerja atau karyawan yang bekerja dibengkel tersebut. Sampel yang digunakan adalah sejumlah populasi yang ada yang bekerja dibengkel Multi Skill Service. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan cara penyebaran angket atau kuesioner pada semua karyawan yaitu yang berjumlah 20 orang. Data yang terkumpul sesuai dengan bidang dan kompetensi yaitu (1) Data kondisi bengkel (2) Data penerapan keselamatan kerja (3) Data tingkat kecelakaan kerja bengkel Multi Skill Service. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif yaitu dengan melihat jumlah mean rata rata kategori tiap pertanyaan dalam satu kelompok kompetensi. Dan ferekuensi persentase hasil analisis deskriptif pada tingkat kecelakaan kerja disajikan dalam bentuk tabel dan grafik batang. Hasil analisis menunjukan mean/rata rata kondisi bengkel 3 1 yang berarti kondis bengkel baik dan mean/rata rata penerapan keselamatan kerja 3 2 yang juga berarti penerapan keselamatan kerjanya baik. Dari persentase tingkat kecelakaan kerja ringan 50% tidak pernah terjadi 45% jarang terjadi 5% sering terjadi. Dari tingkat kecelaan sedang 90% tidak pernah terjadi 10% jarang terjadi. dari tingkat kecelakaan berat 95% tidak pernah terjadi dan 5% jarang terjadi. Dari hasil penelitian yang diperoleh disimpulkan bahwa dengan adanya penataan pengaturan mesin dan barang yang baik pada bengkel serta penerapan keselamatan kerja yang terorganisir akan menekan tingkat kecelakaan kerja pada sebuah bengkel. Saran yang dapat disampaikan hasil penelitian ini dapat dikembangkan pada penelitian keselamatan kerja pada perusahaan yang besar yang jumlah sampel dan populasinya banyak. Sehingga dengan demikian akan didapat hasil yang lebih signifikasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42155

Actions (login required)

View Item View Item