Pengaruh sistem pembelajaran modul dan tingkat intelegensi terhadap prestasi belajar kimia teknik pada siswa kelas III SMK Dharma Wirawan Pasuruan / Yuli Setyawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh sistem pembelajaran modul dan tingkat intelegensi terhadap prestasi belajar kimia teknik pada siswa kelas III SMK Dharma Wirawan Pasuruan / Yuli Setyawan

Yuli Setyawan (2009) Pengaruh sistem pembelajaran modul dan tingkat intelegensi terhadap prestasi belajar kimia teknik pada siswa kelas III SMK Dharma Wirawan Pasuruan / Yuli Setyawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengangkat permasalahan yang berkaitan dengan sistem pembelajaran yang efektif efisien dan merangsang minat serta dapat mengikuti irama kecepatan belajar masing-masing siswa. Sistem pembelajaran yang dimaksud adalah sistem pembelajaran modul. Selain itu tujuan dari penelitian ini adalah membandingkan prestasi belajar matadiklat Kimia Teknik antara kelompok siswa yang menggunakan sistem pembelajaran modul dan kelompok siswa yang menggunakan sistem konvensional baik yang memiliki IQ tinggi dan IQ rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental semu dan rancangan penelitiannya menggunakan perbandingan kelompok statis. Sedangkan populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III tahun ajaran 2006/2007 yang keseluruhan berjumlah 200 siswa. Dengan teknik cluster random sampling dipilih dua kelas yaitu kelas 3 Otomotif 1 sebanyak 40 siswa sebagai kelompok modul dan kelas 3 Otomotif 2 sebanyak 40 siswa sebagai kelompok konvensional. Dengan demikian jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 80 siswa. Adapun variabel penelitiannya adalah sistem pembelajaran modul dan sistem pembelajaran konvensional sebagai variabel bebas tingkat intelegensi siswa sebagai variabel moderator prestasi belajar matadiklat Kimia Teknik sebagai variabel terikat dan guru pengajar materi matadiklat Kimia Teknik waktu pembelajaran dan laboratorium sebagai variabel kontrol. Instrumen penelitian yang berupa perlakuan mempergunakan tes pilihan ganda sebanyak 10 soal dengan 5 alternatif jawaban yang mengacu pada Kurikulum SMK 2004. Dari analisis statistik diketahui bahwa prestasi belajar siswa yang mempergunakan sistem modul lebih baik dari prestasi belajar kelompok siswa yang menggunakan sistem pembelajaran konvensional baik siswa yang memiliki IQ tinggi dan IQ rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42151

Actions (login required)

View Item View Item