Pengaruh posisi kerja mekanik saat menyervis terhadap kelelahan ditinjau dari segi ergonomi di bengkel Auto 2000 Malang / Wanda Ramansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh posisi kerja mekanik saat menyervis terhadap kelelahan ditinjau dari segi ergonomi di bengkel Auto 2000 Malang / Wanda Ramansyah

Wanda Ramansyah (2009) Pengaruh posisi kerja mekanik saat menyervis terhadap kelelahan ditinjau dari segi ergonomi di bengkel Auto 2000 Malang / Wanda Ramansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ergonomi Ergonomi adalah telaah perkaitan antara manusia dan lingkungan kerja dengan maksud membuat kerja seefisien mungkin dan dapat memperkecil kelelahan kerja. Setiap orang bekerja atau melakukan kegiatan pasti akan mengalami kelelahan kerja namun kelelahan kerja tersebut dapat diperkecil atau dikurangi. Kelelahan yang terlalu tinggi tentu saja dapat merugikan pekerja karena dapat menurunkan kinerja dan menambah tingkat kesalahan kerja. Jika tingkat kesalahan kerja meningkat maka akan besar kemungkinan terjadi kecelakaan kerja. Metode dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis deskriptif digunakan untuk mengetahui kondisi obyektif posisi kerja mekanik saat menyervis di Bengkel Auto 2000 Malang. Sedangkan analisis inferensial digunakan untuk mengetahui pengaruh posisi kerja mekanik terhadap kelelahan saat bekerja di Bengkel Auto 2000 Malang. Untuk pengumpulan data peneliti menggunakan metode angket observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian berdasarkan analisis deskriptif dalam penelitian ini adalah sedikit sekali (12%) mekanik yang tidak pernah melakukan posisi badan yang tidak ergonomi saat berdiri memperbaiki mesin 39 3% mekanik yang jarang melakukan posisi badan yang tidak ergonomi saat berdiri memperbaiki mesin 27 3% mekanik yang sering melakukan posisi badan yang tidak ergonomi saat berdiri memperbaiki mesin dan 21 3% mekanik yang selalu melakukan posisi badan yang tidak ergonomi saat berdiri memperbaiki mesin. Pada analisis inferensial menunjukkan hasil uji regresi linier berganda antara variabel posisi kerja mekanik berdiri saat memperbaiki mesin terhadap kelelahan mekanik di Bengkel Auto 2000 Malang diperoleh nilai sig. t pada taraf signifikansi 5% adalah sebesar 0 022 sehingga 0 022 0 05 dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara posisi kerja mekanik berdiri saat memperbaiki mesin terhadap kelelahan. Dari paparan di atas dapat disimpulkan bahwa variabel bebas posisi kerja mekanik saat menyervis yang meliputi posisi kerja mekanik berdiri saat memperbaiki mesin posisi kerja mekanik berdiri saat membongkar dan memasang ban serta posisi kerja mekanik berdiri saat bekerja di bawah kendaraan mempunyai pengaruh terhadap kelelahan mekanik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42146

Actions (login required)

View Item View Item