Pengembangan multimedia pembelajaran pembentukan material plastik sistem injeksi pada matakuliah proses produkdi IV dengan menggunakan software animasi pada Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang / Nanang Suprayitno - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran pembentukan material plastik sistem injeksi pada matakuliah proses produkdi IV dengan menggunakan software animasi pada Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang / Nanang Suprayitno

Nanang Suprayitno (2009) Pengembangan multimedia pembelajaran pembentukan material plastik sistem injeksi pada matakuliah proses produkdi IV dengan menggunakan software animasi pada Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang / Nanang Suprayitno. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembentukan material plastik sistem injeksi merupakan salah satu subkompetensi yang harus dikuasai oleh mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin yang menempuh matakuliah Proses Produksi IV. Salah satu subkompetensi yang harus dicapai adalah mahasiswa memiliki kemampuan dan pengetahuan tentang konsep dasar prinsip dan prosedur di bidang pembentukan polimer (plastik) dengan menggunakan berbagai mesin perkakas di industri secara tepat dan memiliki kompetensi untuk membuat produk instruksional serta mengajarkannya di SMK. Proses pembelajaran pembentukan material plastik sistem injeksi memerlukan beberapa media dan bahan pengajaran yang dapat menjelaskan tentang material plastik dan proses pembentukanya. Mulai dari pengadaan biji plastik pembuatan cetakan (mould) dan pengadaan mesin injeksi (injection machine). Proses pengajaran dan pembelajaran matakuliah ini dalam pelaksanaannya mengalami hambatan keterbatasan media pembelajaran sehingga kompetensi yang harus dicapai tidak relevan dengan media yang tersedia di laboratorium Teknik Mesin Universitas Negeri Malang. Perkembangan teknologi khususnya bidang teknologi informasi saat ini telah berkembang dengan pesat hal ini seharusnya dapat dimanfaatkan dunia pendidikan untuk membuat proses pengajaran dan pembelajaran menjadi menarik dan efektif. Salah satu pemanfaatan teknologi informasi dalam dunia pendidikan adalah pembuatan bahan ajar yang berbasis multimedia. Bahan ajar ini berisi teks grafik animasi bunyi dan video sehingga memungkinkan bahan ajar ini dapat dijadikan pembelajaran mandiri tanpa adanya guru. Penggunaan multimedia dengan animasi atau video untuk menjelaskan suatu materi dapat dijadikan sebagai salah satu pemecahan terbatasnya sarana dan prasarana laboratorium praktik. Melihat kondisi tersebut pengembangan bahan ajar yang berupa multimedia pembelajaran pembentukan material plastik sistem injeksi pada matakuliah Proses Produksi IV dengan menggunakan software animasi pada jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang sangat diperlukan. Tujuan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk CD kit multimedia pembelajaran yang dapat menjelaskan proses pembentukan material plastik sistem injeksi secara utuh sehingga keterbatasan media yang dimiliki laboratorium praktik Teknik Mesin dapat teratasi dengan pemanfaatan animasi dan video tentang pembentukan material plastik sistem injeksi. Produk multimedia pembelajaran ini diharapkan dapat membantu pebelajar karena sesuai dengan kebutuhan pebelajar sendiri dan dapat menambah sumber belajar yang ada. Melalui produk multimedia pembelajaran ini pebelajar juga akan dapat mengkonstruk pengetahuan yang dibutuhkan melalui kegiatan belajar secara individu ataupun kelompok. Pengembangan produk multimedia pembelajaran ini menggunakan model pengembangan prosedural yang secara deskriptif menggariskan langkah-langkah yang akan dilakukan dalam pengembangan produk awal. Model pengembangan yang digunakan dalam proyek ini mengacu pada sistematika metode pengajaran proses poduksi IV secara umum dan dipadukan dengan sistematika pengembangan multimedia. Produk multimedia pembelajaran ini perlu diuji coba kelayakannya sebagai salah satu bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan Teknik Mesin dalam proses pengajaran matakuliah Proses Produksi IV. Uji coba dilakukan dengan meminta masukan dari (1) ahli isi materi (2) ahli desain pembelajaran (3) ahli media pembelajaran (4) dan uji coba user kelompok kecil. Kegiatan uji coba telah mendapatkan hasil yang menunjukkan bahwa secara umum produk dapat dikatakan sudah memenuhi kebutuhan pengguna. Uji coba user kelompok kecil mendapatkan hasil rerata perolehan dari angket untuk produk multimedia pembelajaran ini adalah 29 40. Nilai tersebut jika dicocokkan dengan tabel kelayakan produk berada pada posisi SANGAT BAIK. Produk multimedia pembelajaran yang dihasilkan dibuat untuk kebutuhan pengguna saat ini dalam pemanfaatannya lebih lanjut perlu diadakan revisi berupa penyesuaian kebutuhan pengguna dimasa yang akan datang. Saran dalam penggunaan agar produk lebih lanjut dapat dilengkapi dengan bahan-bahan yang dianggap dapat memberikan wawasan lebih kepada pengguna dan lebih mengaktifkan peran pebelajar (mahasiswa).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42142

Actions (login required)

View Item View Item