Modifikasi camshaft untuk meningkatkan daya pada Honda GL 200 / Andri Purwantono

Andri Purwantono (2009) Modifikasi camshaft untuk meningkatkan daya pada Honda GL 200 / Andri Purwantono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Camshaft salah satu faktor-faktor yang mempengaruhi karakteristik mesin, misalnya pencapaian puncak tenaga pada putaran atas, menengah , bawah. Dalam melakukan modifikasi camshaft/ disain ulang profil camshaft, perlu ditentukan tujuan modifikasi atau orientasi penggunaan mesin. Penelitian ini bertujuan mengetahui profil camshaft yang tepat untuk meningkatkan daya dan untuk mengetahui karakteristik mesin setelah menggunakan camshaft modifikasi. Penelitian ini menggunakan mesin Honda GL 200 sebagai objek penelitian. Penelitian dilakukan di beberapa tempat: Bengkel Las Sinar Putra Purwodadi Pasuruan dan Bengkel Paddock AMS Purwodadi Pasuruan untuk pengerjaan modifikasi camshaft dan pemasangan. Sedangkan pengukuran variabel camshaft dilakuan di laboratorium Pusat Pendidikan dan Pelatihan Program 1 Tahun SUZUKI- UNIVERSITAS NEGERI MALANG, kemudian pengukuran torsi dan daya di bengkel Silver Motorsport (SMS) jl Raya Ngagel 77 H-J Surabaya. Rancangan penelitian yang digunakan penelitian experiment development. Analisis hasil penelitian yang dipakai adalah analisis korelasi kendalls, kruskal-wallis, dan analisis grafik dan kajian pustaka. Dalam penelitian ini menggunkan 2 camshaft modifikasi yang berbeda profil dan 1 buah camshaft standar sebagai variabel kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara valve lift (jarak angkat katup), valve lift duration (lama angkat katup), valve lift timing (waktu angkat katup), lobe separation angle (LSA), overlap, tekanan kompresi dengan torsi dan daya pada Honda GL 200, dan terjadi peningkatan daya setelah menggunakan camshaft modifikasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan agar dilakukan penelitian tentang variabel-variabel camshaft untuk pengembangan lebih lanjut, misalnya pengaruh perubahan 2˚,4˚,6˚,8˚,10˚ ovelap dan LCA terhadap torsi dan daya, dan masih banyak variabel-variabel lain yang perlu diteliti lebih lanjut. Setelah menemukan profil camshaft untuk mendapatkan daya maksimal dan efisiensi bahan bakar yang tinggi serta ramah lingkungan, dapat dipatenkan/hak cipta kemudian dijual pada dunia industri. Dalam melakukan modifikasi camshaft perlu ditetukan orientasi penggunaan mesin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42138

Actions (login required)

View Item View Item