Pengaruh penggunaan turbo charger dan variasi derajat awal penyemprotan pompa injeksi terhadap efisiensi pemakaian bahan bakar diesel pada kendaraan jenis Hino RK HO70C / Angga Septa Hendra Jaya

Angga Septa Hendra Jaya (2009) Pengaruh penggunaan turbo charger dan variasi derajat awal penyemprotan pompa injeksi terhadap efisiensi pemakaian bahan bakar diesel pada kendaraan jenis Hino RK HO70C / Angga Septa Hendra Jaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Turbocharger adalah suatu komponen yang dipasang pada kendaraan bermotor yang bertujuan untuk meningkatkan daya dari motor dengan melakukan penambahan rapat massa udara yang lebih banyak dibandingkan dengan cara pengisian biasa. Turbocharger terdiri dari sebuah turbin dan sebuah kompresor. Banyak yang mengharapkan daya dari kendaraannya dapat meningkat dengan memasang turbocharger. Diharapkan dengan memasang turbocharger tersebut, daya dari motor akan meningkat dan juga akselerasinya. perangkat yang dipakai dalam hal ini adalah turbocharger. Dengan penambahan turbocharger, akan membuat campuran udara dengan bahan bakar semakin sempurna atau semakin homogen sehingga pembakaran akan semakin sempurna. Perangkat turbocharger ini mempunyai kelebihan dari perangkat lain yang bertujuan untuk meningkatkan daya. Turbocharger ini digerakkan oleh tekanan gas buang, yang pada umumnya tekanan gas buang dan panas dari gas buang ini tidak dimanfaatkan atau langsung dibuang begitu saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Turbo Charger, variasi derajat awal penyemprotan pompa injeksi (5˚, 10˚, 15˚) sebelum TMA terhadap efisiensi pemakaian bahan bakar pada kendaraan jenis Hino RK HO7C dan diperoleh salah satu cara pemakaian bahan bakar yang hemat dengan menggunakan Turbo Charger dengan memperoleh daya yang besar. Penelitian ini dilakukan di bengkel PO. TJIPTO Pasuruan secara langsung pada obyek penellitian, tanggal 13-16 Desember 2006. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan faktorial. Analisis hasil penelitian yang dipakai adalah analisis uji anova satu arah atau one way anova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada interaksi antara pemakaian turbo charger dan derajat awal penyemprotan pompa injeksi terhadap waktu pemakaian bahan bakar yaitu Penggunaan Turbo Charger tidak berpengaruh secara signifikan terhadap efisiensi bahan bakar pada kendaraan Hino RK HO7C dan Variasi derajat awal penyemprotan pompa injeksi berpengaruh secara signifikan terhadap efisiensi bahan bakar pada kendaraan Hino RK HO7C. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut misalnya pengaruh turbo charger terhadap daya dan emisi gas buang pada Hino RK HO7C.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42130

Actions (login required)

View Item View Item