Pengaruh beban bervariasi terhadap prestasi kerja motor bensin 4 langkah 1 silinder tipe Asahi GX 200 pada putaran konstan dengan menggunakan bentuk intake manifold model V / oleh Agus Setiawan

Agus Setiawan (2009) Pengaruh beban bervariasi terhadap prestasi kerja motor bensin 4 langkah 1 silinder tipe Asahi GX 200 pada putaran konstan dengan menggunakan bentuk intake manifold model V / oleh Agus Setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Intake manifold adalah salah satu komponen yang dirancang untuk pemasukan bahan bakar dan terbuat dari paduan aluminium. Fungsi dari intake manifold itu sendiri adalah sebagai saluran tempat mengalirnya campuran bahan bakar dan udara yang sesuai ke dalam silinder atau ruang bakar pada saat piston melakukan langkah isap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh beban bervariasi terhadap prestasi kerja motor bensin 4 langkah 1 silinder tipe Asahi GX 200 pada putaran konstan dengan menggunakan bentuk intake manifold model V. Prestasi kerja dari motor itu sendiri dapat ditinjau dari torsi (T), daya efektif (Nb), daya indikasi (Ni), spesifik fuel consumtion (SFC), spesifik fuel consumtion efektif (SFCE) dan efisiensi thermal (ήe). Jenis metode yang dipakai untuk penelitian ini adalah eksperimental yang bertujuan menyelidiki hubungan sebab akibat antara variable bebas (independent variabel) dan variabel terikat (dependent variabel). Variabel bebas (independent variabel) adalah beban. Sedangkan untuk variabel terikat (dependent variabel) adalah torsi (T), daya efektif (Nb), daya indikasi (Ni), spesifik fuel consumtion (SFC), spesifik fuel consumtion efektif (SFCE) dan efisiensi thermal (ήe). Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Mesin Konversi Energi Teknik Mesin Universitas Negeri Malang, hari senin tanggal 22 Januari 2007 jam 09.30 sampai dengan selesai. Analisis data yang didapat dalam penelitian ini akan dianalisis dengan menggunakan analisis regresi sederhana dengan bantuan program komputer SPSS for Windows . Beban bervariasi yang digunakan adalah 1 Kg, 2 Kg, 3 Kg, 4 Kg, 5 Kg, 6 Kg, 7 Kg dengan putaran konstan yaitu, 6000 Rpm. Hasil penelitian menunjukan bahwa semua variabel terikat (dependent variabel) mengalami kenaikan pada setiap kenaikan variabel bebas (independent variabel) kecuali, pada spesifik fuel consumtion efektif (SFCE) yang mengalami penurunan akibat, pengaruh nilai daya efektif (Nb) yang besar. Berdasarkan hasil penelitian, ini dapat disarankan agar dilakukan penambahan intake manifold model V pada motor karena, mempunyai pengaruh unjuk prestasi kerja yang paling baik dibandingkan dengan menggunakan intake manifold model O khususnya, dalam hal konsumsi bahan bakarnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42123

Actions (login required)

View Item View Item