Faktor-faktor penyebab terjadinya kredit macet pada Bank Rakyat Indonesia Unit Montong Tuban / Finishia Jatu Vimma Artdini

Artdini, Finishia Jatu Vimma (2018) Faktor-faktor penyebab terjadinya kredit macet pada Bank Rakyat Indonesia Unit Montong Tuban / Finishia Jatu Vimma Artdini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Artdini, Finishia Jatu Vimma. 2017. Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Kredit Macet Pada Bank Rakyat Indonesia Unit Montong Tuban. Skripsi Program Studi S1 Ekonomi Pembangunan, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: 1). Dr.Imam Mukhlis, S.E., M.Si (II) Drs. Sapir, S.Sos.,M.Si. Kata Kunci: kredit macet, faktor internal, faktor eksternal. Perbankan merupakan salah satu penopang pembangunan ekonomi yang sangat berpengaruh bagi suatu negara. Permasalahan yang dihadapi perbankan yang sangat dominan yaitu terletak pada penyaluran kredit yang bisa menyebabkan kredit macet mengingat tugas utama perbankan yaitu sebagai media intermediasi. Semakin menurun kualitas kredit maka akan semakin buruk dampak yang ditimbulkannya. Bank Rakyat Indonesia (BRI) Unit Montong Tuban merupakan salah satu cabang BRI yang melakukan kegiatan operasional perbankan di wilayah Kabupaten Tuban, dimana aktivitas operasionalnya lebih banyak memberikan pelayanan pinjaman dan penyimpanan dana dari atau kepada masyarakat. Namun demikian dalam aktivitas kredit yang dilakukan pihak bank mengalami permasalahan terkait dengan terjadinya kredit macet. Berkaitan dengan itu, maka penelitian ini berupaya untuk mengkaji faktor- faktor baik internal maupun eksternal terjadinya kredit macet sebagai bagian upaya solusi dalam upaya menekan kredit macet guna meningkatkan kualitas kredit yang sehat. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan analisis data berupa pendekatan kualitatif. Metode ini bertujuan untuk mendeskripsikan keadaan obyek penelitian pada saat kondisi sekarang berdasarkan fakta yang ada dan tambahan kajian pustaka serta melakukan wawancara yang mendalam sebagai prosedur pengumpulan data. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa variabel faktor internal tidak berpengaruh terhadap adanya kredit macet pada Bank BRI unit Montong Kabupaten Tuban. Hal ini didasari pada sudah baiknya analisis kredit yang ditetapkan pihak Bank selain itu sudah baiknya pengawasan yang dilakukan pihak bank dan tidak adanya kecurangan staf dalam proses kredit. Di lain pihak, hasil variabel faktor eksternal menjadi factor yang berpengaruh terhadap adanya kredit macet pada Bank BRI unit Montong Kabupaten Tuban. Hal ini didasari pada perlu dipertimbangkan lagi dalam memberikan kredit dengan memperhatikan 5 konsep yaitu ; condition, capacity, capital, collateral dan condition.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42114

Actions (login required)

View Item View Item