Strategi pengembangan usaha indsutri kulit di Desa Dilem Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang / Wike Ardinawati Saragih - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi pengembangan usaha indsutri kulit di Desa Dilem Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang / Wike Ardinawati Saragih

Saragih, Wike Ardinawati (2018) Strategi pengembangan usaha indsutri kulit di Desa Dilem Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang / Wike Ardinawati Saragih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Saragih W. A. 2018. Strategi Pengembangan Usaha Industri Kulit di Desa Dilem Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang. Skripsi Program Studi S1 Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nasikh S.E. M.P. M.Pd (II) Dr. Hadi Sumarsono S.T. M.Si. Kata Kunci industri kulit strategi pengembangan pengembangan usaha SWOT Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan salah satu kegiatan ekonomi yang strategis dalam pembangunan perekonomian di Indonesia.Sektor UMKM dapat dikatakan sebagai sektor terbesar dalam penyerapan tenaga kerja. Usaha yang dapat dikembangkan di kabupaten Malang adalah usaha industri kulit. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) faktor internal dan eksternal dalam pengembangan usaha industri kulit (2) posisi industri kulit di desa Dilem pada matriks SWOT dan (3) strategi yang dapat diterapkan dalam pengembangan usaha industri kulit di desa Dilem. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data diperoleh dengan cara observasi secara langsung metode wawancara dan dokumentasi. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder kemudian dianalisis menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor internal memiliki kelebihan pada harga yang terjangkau kualitas terjaga inovasi menarik serta ketepatan waktu dan kelemahan pada pemasaran kurang efektif kualitas SDM kurang dan lokasi jauh. Sedangkan faktor eksternal memiliki peluang perkembangan teknologi tenaga banyak serta potensi pasarbesar dan ancaman berupa sulitnya bahan baku adanya pesaing dan kurangnya dukungan pemerintah.Berdasarkan hasil perhitungan IFAS dan EFAS posisi industri kulit terletak pada pertemuan koordinat di kolom V.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42113

Actions (login required)

View Item View Item