Analisis nilai ekonomi wisata Desa Sidomulyo Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang dengan pendekatan biaya perjalanan (travel cost) / Fatkhul MuÔÇÖin

MuÔÇÖin, Fatkhul (2018) Analisis nilai ekonomi wisata Desa Sidomulyo Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang dengan pendekatan biaya perjalanan (travel cost) / Fatkhul MuÔÇÖin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Muin, Fatkhul. 2017. Analisis Nilai Ekonomi Wisata Desa Sidomulyo Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang Dengan Pendekatan Biaya Perjalanan (Travel Cost), Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Grisvia Agustin, S.E., M.Sc. (II) Dr. Farida Rahmawati, S.E., M.E. Kata Kunci: Valuasi Ekonomi, Biaya Perjalanan, Kesediaan Membayar Penelitian ini menggunakan salah satu metode valuasi ekonomi lingkungan yaitu metode biaya perjalanan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis manfaat yang dirasakan pengunjung dari obyek wisata Desa Sidomulyo Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang, menganalisis kesediaan pengunjung untuk membayar dalam rangka ikut melestarikan dan mengembangkan potensi wisata yang lebih baik, selain itu untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kunjungan ke obyek wisata Desa Sidomulyo Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah data primer yaitu melalui wawancara dalam bentuk kuisioner yang disebar kepada pengunjung wisata Desa Sidomulyo Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang, sedangkan data sekunder diperoleh melalui literatur buku, jurnal serta sumber lain yang relevan dengan penelitian ini. Sampel yang sudah ditentukan sebanyak 50 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan aplikasi SPSS 21. Variabel yang digunakan adalah tingkat kunjungan sebagai variabel terikat sedangkan biaya perjalanan, jarak tempuh, tingkat pendidikan dan pendapatan sebagai variabel bebas. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa biaya perjalanan, jarak tempuh, dan pendapatan berpengaruh terhadap tingkat kunjungan ke obyek wisata Desa Sidomulyo Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang. Sedangkan tingkat pendidikan tidak berpengaruh terhadap tingkat kunjungan. Manfaat (nilai) yang diperoleh pengunjung obyek wisata Desa Sidomulyo masih lebih besar dibanding dengan kesediaan membayar dari pengunjung. Sehingga potensi obyek wisata Desa Sidomulyo Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang sangat besar untuk dikembangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42108

Actions (login required)

View Item View Item