Strategi pengembangan potensi ekonomi kreatif Kota malang (studi kasus: Jatim Information Technology Creative) / Nian Rifia Ari Sandi - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi pengembangan potensi ekonomi kreatif Kota malang (studi kasus: Jatim Information Technology Creative) / Nian Rifia Ari Sandi

Sandi, Nian Rifia Ari (2018) Strategi pengembangan potensi ekonomi kreatif Kota malang (studi kasus: Jatim Information Technology Creative) / Nian Rifia Ari Sandi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sandi Nian Rifia Ari. 2017. Strategi Pengembangan Potensi Ekonomi Kreatif Kota Malang (Studi Kasus Jatim Information Technology Creative) Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Prih Hardinto M.Si. (II)Dr. Hadi Sumarsono S.T. M.Si. Kata Kunci Ekonomi Kreatif SWOT Industri Telematika Kota Kreatif Menurut Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) ekonomi kreatif didefinisikan sebagai penciptaan nilai tambah yang berbasis ide yang lahir dari kreativitas sumber daya manusia (orang kreatif) dan berbasis ilmu pengetahuan termasuk warisan budaya dan teknologi.Di dalam ekonomi kreatif terdapat industri kreatif sebagai proses produksi karya kreatif.Ekonomi kreatif merupakan penyumbang PDB Atas Dasar Harga Berlaku (ADHB) tahun 2010-2013 terbesar ketujuh dari sepuluh sektor ekonomi penyumbang pertumbuhan ekonomi.Berkaitan dengan ekonomi dan industri kreatif di Kota Malang terdapat lembaga Jatim Information Technology Creative (JITC) binaan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui potensi ekonomi kreatif Kota Malang kondisi Kota Malang sebagai Kota Kreatif dan strategi pengembangan ekonomi kreatif melalui JITC. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan studi kasus dan dibantu dengan analisis SWOT data diperoleh dengan wawancara observasi dan dokumentasi. Informan berasal dari relawan JITC dan usahawan yang pernah dibina serta bekerja sama dengan JITC. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Potensi ekonomi kreatif di Kota Malang sangat besar serta ke depan akan dikembangkan industri game apps. 2) Kondisi ekosistem Kota Malang sebagai Kota Kreatif sudah akomodatif terhadap industri kreatifnya namun terkait tranparansi dana masih belum terlaksana dengan baik. 3) Strategi mengembangkan potensi ekonomi kreatif di Kota Malang melalui JITC berdasarkan hasil analisis SWOT adalah dengan memperluas diri dengan memanfaatkan basis dat usahawan yang ada untuk merekrut relawan tambahan atau menjalin kerja sama untuk membina mencari talenta-talenta di bidang game apps untuk dibina dan diberdayakan memperluas database SDM kreatif melalui pelatihan/event serta menambah program kerjasama dengan instansi pendidikan komunitas dan alumni. Berdasarkan paparan ini strategi pengembangan potensi ekonomi kreatif Kota Malang bisa diwujudkan melalui JITC dengan mengkonsentrasikan pada fokus subsektor industri kreatif game apps. .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42107

Actions (login required)

View Item View Item