Prospek perkembangan industri songkok Desa Pengangsalan, Lamongan / Khusnul Fuad - Repositori Universitas Negeri Malang

Prospek perkembangan industri songkok Desa Pengangsalan, Lamongan / Khusnul Fuad

Fuad, Khusnul (2017) Prospek perkembangan industri songkok Desa Pengangsalan, Lamongan / Khusnul Fuad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Chotimah Husnul. 2017. Pengembangan Modul Biologi dengan Strategi Think Pair Share sebagai Upaya untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Sikap Sosial Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMK Kota Malang. Disertasi Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc.Ph.D (2) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati Al Muhdhar M.S (3) Dr. Ibrohim M.Si Kata Kunci Modul TPS motivasi belajar sikap sosial kemampuan berpikir kritis hasil belajar kognitif Berdasarkan hasil survei kepada siswa SMK yang memiliki paket keahlian keperawatan di Kota Malang diperoleh data bahwa motivasi belajar biologi sangat rendah yaitu 54 49. Rendahnya hasil belajar siswa selain faktor motivasi juga di-sebabkan rendahnya sikap sosial (perilaku ilmiah) yang dimiliki oleh siswa SMK. Skor sikap sosial hanya tergolong cukup yaitu 2 15 dari skor maksimal 5. Selain motivasi belajar dan sikap sosial kemampuan berpikir kritis juga mempengaruhi penguasaan konsep biologi. Kemampuan ini diperlukan dalam berbagai bidang kehidupan. Kemampuan berpikir kritis dapat ditingkatkan melalui pembelajaran. Pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa merupakan tujuan akhir yang sangat penting dalam Kurikulum 2013. Nilai rata-rata hasil belajar kognitif siswa SMK 56 2 dengan kategori kurang sehingga perlu ditingkatkan. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu menghasilkan modul biologi dengan strategi pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan motivasi belajar sikap sosial kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa SMK. Metode penelitian mengacu pada rancangan penelitian dan pengem-bangan dari model pengembangan Borg Gall (1983) terdiri atas 10 tahapan. Cara pengambilan data dilakukan melalui survei penyebaran angket wawancara dan tes tertulis. Hasil penelitian dan pengembangan terbagi ke dalam tiga tahap yaitu hasil pada tahap uji lapangan awal pada tahap uji lapangan utama dan pada tahap uji lapangan operasional. Hasil pada uji lapangan awal untuk (1) motivasi belajar meningkat dari nilai pre tes 50 1 menjadi 83 9 pada pos tes dengan gain score 0 7 (2) sikap sosial juga meningkat dari 2 22 menjadi 3 28 (3) kemampuan berpikir kritis meningkat dari 51 7 menjadi 88 7 dengan gain score 0 8 dan (4) hasil belajar kognitif juga meningkat dari 55 6 menjadi 89 5 dengan gain score 0 8. Hasil pada uji lapangan utama untuk (1) motivasi belajar meningkat dari nilai pre tes 49 0 menjadi 82 4 pada pos tes dengan gain score 0 7 (2) sikap sosial juga meningkat dari 2 21 menjadi 3 30 (3) kemampuan berpikir kritis meningkat dari 54 7 menjadi 90 8 dengan gain score 0 8 dan (4) hasil belajar kognitif juga meningkat dari 55 4 menjadi 92 0 dengan gain score 0 8. Hasil pada uji lapangan operasional untuk (1) motivasi belajar meningkat dari nilai pre tes 49 7 menjadi 88 1 pada pos tes dengan gain score 0 8 (2) sikap sosial juga meningkat dari 2 24 menjadi 3 30 (3) kemampuan berpikir kritis meningkat dari 55 4 menjadi 91 8 dengan gain score 0 8 dan (4) hasil belajar kognitif juga meningkat dari 55 9 menjadi 92 3 dengan gain score 0 8. Kesimpulan yang dapat dipetik dari penelitian dan pengembangan ini adalah modul biologi dengan strategi think pair share dapat meningkatkan mo-tivasi belajar sikap sosial kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa SMK. Modul biologi tersebut dinyatakan layak setelah dilakukan uji lapangan awal uji lapangan utama dan uji lapangan operasional. Saran pemanfaatan produk yang dapat dikemukakan yaitu (1) bagi guru modul biologi ini dapat dijadikan salah satu alternatif bahan ajar dan (2) bagi siswa SMK produk ini akan lebih bermanfaat jika dipelajari secara cermat. Saran diseminasi produk dapat dilakukan melalui workshop bagi para guru SMK melalui kerjasama antara Dinas Pendidikan dan MGMP guru SMK. Saran pengembangan produk yang dapat dikemukakan yaitu (1) pengembangan produk lebih lanjut dapat dipilih KD yang lain dan (2) tampilan gambar pada modul dapat dilakukan bervariasi sesuai dengan benda nyata. ABSTRACT Chotimah Husnul. 2017. Development of Biology module using Think Pair Share Strategy as an Attempt to Escalate Learning Motivation Social Behavior Critical Thinking Skills and Cognitive Learning Outcome of Malang Vocational School. Dissertation Study Program of Biology Education Postgraduate of Universitas Negeri Malang. Advisor (1) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc.Ph.D (2) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati Al Muhdhar M.S (3) Dr. Ibrohim M.Si. Key Words TPS Module Learning motivation social behavior critical thinking skills Cognitive learning outcome Basedon the survey conducted towards students of vocational school who s on nursing expertise course it is discovered that learning motivation on Biology subject are very low at 54.49 point. The inferior learning outcome not only caused by motivational factor but also low level of social behavior (scientific behavior) of students in vocational school. The score in social behavior are merely mediocre at 2.15 out of maximum score 5. As an additions from learning motivation and social behavior critical thinking skills also affect in mastering the concept of Biology. These following skills are necessary in various aspect of life. Critical thinking skills can be enhanced through learning. The development of student s critical thinking skills is a crucial pinnacle of 2013 curriculum. The average cognitive learning score of vocational students is 56.2 which considered as low and need to be improved. This research and development aim to create a product in a form of biology learning module with Think Pair Share (TPS) learning strategy to improve learning motivation social behavior critical thinking skills and vocational student s cognitive learning outcome. The research method used were referring from Borg Gall (1983) development model which consist of 10 steps. Data collection method were conducted through survey distributing questionnaire conducting interview and written test. These research and development result are divided into three steps which are result on early field test main field test and operational field test. The result on early field test for (1) learning motivation improved from pre-test score of 50.1 to post-test score of 83.9 with gain score of 0.7 (2) social behavior score elevated from 2.22 to 3.28 (3) critical thinking skills score improved from 51.7 to 88.7 with gain score of 0.8 and (4) cognitive learning outcome score increased from 55.6 to 89.5 with gain score 0.8. The result on main field test for (1) learning motivation improved from pre-test score 49 to 82.4 on post-test with gain score 0.65 (2) social behavior score escalated from 2.21 to 3.30 (3) critical thinking skills enhanced from 54.7 to 90.8 with gain score 0.8 and (4) cognitive learning outcome also improved from 55.4 to 92.0 with gain score 0.8. The result on operational field test for (1) learning motivation improved from pre-test score 49.7 to 88.1 on post-test with gain score 0.8 (2) social behavior score escalated from 2.24 to 3.30 (3) critical thinking skills enhanced from 55.4 to 91.8 with gain score 0.8 and (4) cognitive learning outcome also improved from 55.9 to 92.3 with gain score 0.8. From this research and development we can conclude that biology module with think pair share strategy can improve learning motivation social behavior critical thinking skills and cognitive learning outcome of vocational school students. The Biology module is declared as appropriate after early field test main field test and operational field test were conducted. The suggestions on product s implementation we can declare are (1) for lecturers implementing this biology module could be one of the alternative for teaching material (2) for vocational students this product will be more beneficial if learned carefully. The product can be distributed through workshop for vocational school lecturers with the collaboration between Education Authorities and MGMP vocational school lecturers. The suggestions on product development we can declare are (1) advanced product development can be chosen for other Base Competency (2) image display on the module can be varied according to real objects.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42096

Actions (login required)

View Item View Item