Pengelolaan Air Minum Desa (PAMDES) Gondowangi Kecataman Wagir Kabupaten Malang / Septian Dwi Palanda - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengelolaan Air Minum Desa (PAMDES) Gondowangi Kecataman Wagir Kabupaten Malang / Septian Dwi Palanda

Palanda, Septian Dwi (2017) Pengelolaan Air Minum Desa (PAMDES) Gondowangi Kecataman Wagir Kabupaten Malang / Septian Dwi Palanda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Palanda Septian Dwi. 2017.Pengelolaan AirMinumDesa (PAMDes) di DesaGondowangiKecamatanWagirKabupaten Malang.Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr.Mit Witjaksono M.S. Ed (2) Dr. Nasikh S.E. M.P. M.Pd. Kata Kunci Pengelolaan Air MinumDesa.PartisipasiMasyarakat Desa Gondowangi adalah salah satu desa yang terletak di kecamatanWagirkabupaten Malang. Desa ini memiliki usaha Pengelolaan Air Minum Desa (PAMDes) yang dikelola oleh masyarakat desa dalam memenuhi kebutuhan air bersih.Dalam suatu pengelolaan swadaya masyarakat desa diperlukan partisipasi masyarakat desa untuk ikut mengelola PAMDes.Tujuan penelitian ini yaitu melihat bagaimana masyarakat desa Gondowangi ikut dalam mengelola PAMDes dan mengevaluasi pengelolaan PAMDes yang dilakukan oleh pengurus maupun oleh masyarakat desa.dan manfaat ekonomi yang didapatkan dari adanya PAMDes. Metode dalam penelitian ini Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Langkah pertama dalam penelitian ini adalah observasi tentang bagaimana pengelolaan air yang dikelola oleh PAMDes Tirto Ageng dan masyarakat desa dan yang kedua manfaat ekonomi yang diperoleh masyarakat desa Gondowangi yang menjadi konsumen. dengan melakukan pengamatan lapangan wawancara langsungdengan nara sumber dan dokumentasi. Dari hasil analisi sdata peneliti menemukan bahwa masyarakat desa Gondowangi ikut serta berpartisipasi dalam mengelola PAMDes baik dalam perencanaan pembangunan sarana dan prasarana maupun dalam pengendalian PAMDes.Evaluasi pengelolaan air bersih yang dikelola oleh PAMDes Tirto Ageng dengan partisipasi masyarakat desa Gondowangi ada beberapa poin yang harus diperhatikan pertama partisipasi masyarakat dalam pembayaran yang keduaKordinasi antar pengurus PAMDes TirtoAgeng yang ketiga solusi apabila PAMDes mengalami masalah kerusakan sarana dan prasarana yang dampaknya terhadap distribusi air kemasyarakat desaGondowangi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42093

Actions (login required)

View Item View Item