Analisis penerapan sistem e-filling terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak perorangan (studi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan) / Iman Dwinnesa Indiarto - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis penerapan sistem e-filling terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak perorangan (studi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan) / Iman Dwinnesa Indiarto

Indiarto, Iman Dwinnesa (2017) Analisis penerapan sistem e-filling terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak perorangan (studi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan) / Iman Dwinnesa Indiarto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Indiarto Iman Dwinnesa. 2016. Analisis Penerapan Sistem E-Filling Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Perorangan (Studi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan). Skripsi JurusanEkonomi Pembangunan FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sugeng Hadi Utomo M.Ec (II) Dr. Grisvia Agustin S.E. M.Sc. Kata Kunci E-Filling Kepatuhan Wajib Pajak Wajib Pajak Perorangan. Perkembanganteknologipadasaatinitelahberpengaruhdalamberbagaimacamperubahandalamsetiapaspekkehidupanmanusia.Memanfaatkanperkembanganinformasidanterknologitersebut DJP berusahauntukmemenuhiaspirasiWajibPajak (WP) denganmempermudahtatacarapelaporanSuratPemberitahuan (SPT) baikitu SPT Masamaupun SPT Tahunan.MelaluikeputusanDirektoratJendralPajakNomor Kep-88/PJ/2004 secararesmidiluncurkanproduke-fillingatauelectronic filling system. E-fillingyaitusistempenyampaianSuratPemberitahuan (SPT) secaraelektronik yang dilakukanmelaluisistemonlinedanreal timemelalui ASP (Application Service ProvideratauPenyediaJasaAplikasi) yang ditunjukoleh DJP.Tujuanpenelitianadalahuntuk (1) Untukmengetahuidampakpenerapansistem e-fillingterhadapkepatuhanWajibPajak di KPP Pratama Malang Selatan serta (2) Untukmengetahuifaktorpendukungdanpenghambatdalampenerapansisteme-filling di KPP Pratama Malang Selatan. Metode penelitianmenggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi dengan beberapa Wajib Pajak dan Petugas Pajak yang ada di KPP Pratama Malang Selatan.Penerapane-fillingterbilangsudahcukupbaik namun belum mencapai kategori efekif.Hal inidibuktikandaridelapanresponden yang penelitiwawancarai hanyatiga orang yang bersediamenggunakane-filling.penerapane-fillingbelumterlaluberdampakdengantingkatkepatuhanWajibPajak.JustrubeberapaWajibPajaklebihmemilihmelakukanpelaporan SPT Tahunannyamelalui KPP daripadae-filling. Faktorkendala yang paling besardalampenerapansisteme-fillingadalahkurangnyaperhatianWajibPajakterhadapsosialisasi yang diberikanPetugasPajaktentangpelaporan SPT melaluie-fillingsertabelumpahamnyaWajibPajak yang berusialanjuttentangteknologidan internet. Faktorpendukungdarisisteme-fillingadalahmanfaatdarie-fillingitusendiri yang dapatmelaporkan SPT-nyasecaraonline dimanasajadankapansajatanpaperlumengeluarkanbiaya-biaya yang tidakdiperlukansehinggapelaporan SPT Tahunanlebihcepat mudah danaman. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Feb 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42076

Actions (login required)

View Item View Item