Analisis strategi pengembangan sentra industri mebel di Desa Catakgayam Kabupaten Jombang / Dicky Tri Setiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis strategi pengembangan sentra industri mebel di Desa Catakgayam Kabupaten Jombang / Dicky Tri Setiawan

Setiawan, Dicky Tri (2016) Analisis strategi pengembangan sentra industri mebel di Desa Catakgayam Kabupaten Jombang / Dicky Tri Setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setiawan Dicky Tri. 2016. Analisis Strategi Pengembangan Sentra Industri Mebel di Desa Catakgayam Kabupaten Jombang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sugeng Hadi Utomo M.Ec. (II) Dr. Farida Rahmawati S.E. M.E. Kata Kunci Strategi Pengembangan Sentra Industri Mebel Sektor industri pengolahan merupakan salah satu sektor yang tinggi kontribusinya terhadap PDRB Kabupaten Jombang. Sektor industri yang berkembang di Kabupaten Jombang adalah industri mebel yang terkenal adalah sentra industri mebel Desa Catakgayam Kecamatan Mojowarno. Strategi pengembangan industri yang tepat diperlukan sehingga para pengusaha industri mebel di Desa Catakgayam tidak mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan usaha yang telah dilakukan pada sentra industri mebel di Desa Catakgayam Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Penelitian dengan berdasarkan fenomenologi harus melihat objek penelitian dalam suatu konteks naturalnya untuk itu dalam mengobservasi data lapangan seorang peneliti tidak dapat melepas konteks atau situasi yang menyertainya. Fenomena yang ada menunjukan motif yang unik dan khas dari sentra mebel Catakgayam ini adalah motif Arimbi yang terinspirasi dari Candi Rimbi dimana candi ini merupakan salah satu ikon Kota Jombang selain Ringin Contong. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan strategi pengembangan usaha yang telah dilakukan pada sentra industri mebel di Desa Catakayam Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang baik dari pihak pengrajin maupun dari pihak pemerintah dilihat dari empat aspek yakni Produksi dan Pengolahan Pemasaran Sumber Daya Manusia (SDM) dan Teknologi bertujuan untuk memajukan usaha agar lebih berkembang. Pengusaha hendaknya lebih meningkatkan kegiatan promosi produk agar industri mebel dikenal masyarakat secara umum dan menjangkau pasar yang lebih luas sehingga dapat bersaing dengan industri sejenis dari daerah lain. Mempertahankan ciri khas produk dan meningkatkan kualitas produk dengan cara menciptakan inovasi dalam pengolahan produk penambahan jenis produk agar memiliki daya tarik yang tinggi agar tetap mampu bersaing dengan produk lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42063

Actions (login required)

View Item View Item