Pengaruh inflasi dan PDRB terhadap UMR di Jawa Timur periode 2009-2014 / Dea Isalia Candra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh inflasi dan PDRB terhadap UMR di Jawa Timur periode 2009-2014 / Dea Isalia Candra

Candra, Dea Isalia (2016) Pengaruh inflasi dan PDRB terhadap UMR di Jawa Timur periode 2009-2014 / Dea Isalia Candra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Candra Dea Isalia. 2016. Pengaruh Inflasi dan Produk Domestik Bruto (PDRB) Terhadap Upah Minimum Regional (UMR) di Jawa Timur Periode 2009-2014. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Imam Mukhlis S.E. M.Si (II) Dr. Grisvia Agustin S.E. M.Sc. Kata Kunci Inflasi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dan Upah Minimum Regional (UMR) Tenaga kerja mempunyai peran penting dalam pertumbuhan ekonomi karena tenaga kerja yang mengolah bahan baku menjadi output dalam proses produksi. Tenaga kerja yang terlibat dalam proses produksi menerima imbal balik yang layak berupa upah atau gaji atas tenaga yang telah disalurkan. Agar setiap tenaga kerja mendapatkan keadilan dalam menerima upah maka ditetapkan kebijakan Upah minimum Regional (UMR) oleh pemerintah yang didasarkan pada inflasi dan PDRB masing-masing daerah. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui (1) pengaruh inflasi terhadap Upah Minimum Regional (UMR) (2) pengaruh PDRB terhadap Upah Minimum Regional (UMR) di provinsi JawaTimur. Rancangan yang digunakan adalah data panel dengan metode fixed effect. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling yaitu sejumlah 2 kabupaten dan 5 kota di Jawa Timur. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan secara parsial inflasi terhadap UMR. Ada pengaruh yang signifikan secara parsial PDRB terhadap UMR. Sedangkan secara simultan ada pengaruh yang signifikan inflasi dan PDRB terhadap UMR.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42061

Actions (login required)

View Item View Item