Pengembangan usaha kuliner berbasis ekonomi kreatif untuk peningkatan pendapatan di Kota Malang (studi kasus Jl. Soekarno Hatta Kota Malang) / Rusy Eradayofia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan usaha kuliner berbasis ekonomi kreatif untuk peningkatan pendapatan di Kota Malang (studi kasus Jl. Soekarno Hatta Kota Malang) / Rusy Eradayofia

Eradayofia, Rusy (2016) Pengembangan usaha kuliner berbasis ekonomi kreatif untuk peningkatan pendapatan di Kota Malang (studi kasus Jl. Soekarno Hatta Kota Malang) / Rusy Eradayofia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Eradayofia. Rusy. 2016.Pengembangan Usaha Kuliner Berbasis Ekonomi Kreatif untuk Peningkatan Pendapatan di Kota Malang (Studi kasus Jl. Soekarno Hatta Kota Malang). Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nasikh SE MP M.Pd (II) Dr.Imam Mukhlis SE MSi Kata kunci (SWOT Analisis UMKM Strategi Pengembangan UMKM Ekonomi Kreatif Kota Kreatif) Perekonomian saat ini sudah memasuki fase baru dimana keunggulan untuk bersaing sudah berubah. Keunggulan suatu perekonomian bukan hanya dari teknologi melainkan keunggulan daya saing terkini adalah inovasi dan kreativitas khusus nya. Usaha Mikro Kecil dan Menengah memiliki kedudukan yang sangat potensial dalam perekonomian nasional. Potensi UMKM sebagai bagian yang harus lebih meningkatkan daya saing dengan melakukan inovasi khusunya di sektor kuliner. Usaha kuliner merupakan usaha yang memiliki prospek yang bagus dan mampu meningkatkan kesejahteraan bagi pelakunya apabila memiliki strategi yang efektif dan efisien. Usaha kuliner merupakan subsektor dari ekonomi kreatif . Metode penelitian yang digunakan menggunaka pendekatan Kualitatif Deskriptif dan jenis penelitian studi kasus. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis SWOT untuk mengetahui strategi yang digunaan oleh pelaku UKM di kawasan Jalan Soekarno hatta Kota Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui strategi pengembangan usaha yang dilakukan oleh pelaku usaha kuliner di kawasan strategis jalan Soekarno Hatta. Faktor internal pada usaha kuliner kreatif di Jl. Soekarno Hatta Kota Malang yaitu kekuatan adalah (1) Harga Produk Terjangkau (2) Memiliki cita rasa (ciri khas) dan keunikan konsep (3) Lokasi strategis (4) Strategi Pengembangan Usaha yang Inovatif (R D) (5) Memiliki Proses Produksi yang berkualitas sedangkan untuk kelemahan dari Usaha Kuliner Kreatif ini adalah (1) Managemen SDM yang kurang efektif (2) Kurangnya dukungan pemerintah (3) Kurangnya managemen SDM yang kurang efektif (4) Kurangnya dukungan pemerintah. Sedangkan faktor eksternal Usaha Kuliner Kreatif di Jl. Soekarno Hatta Kota Malang yaitu faktor peluang adalah (1) Perkembangan Teknologi dibidang Pemasaran (2) Potensi pangsa pasar yang luas Sedangkan untuk faktor ancaman adalah (1) Persaingan dengan kompetitor (2) Kenaikan bahan baku (3) Birokrasi pemerintah yang sulit Hasil dari penelitian ini adalah strategi yang dapat di implementasikan di usaha kuliner Jl. Soekarno Hatta Kota Malang yaitu strategi Pengembangan produk strategi pemasaran peningkatan akses teknologi strategi sumber daya dan mewujudkan iklim bisnis yang kondusif UMKM berbasis ekonomi kreatif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42055

Actions (login required)

View Item View Item