Analisis strategi pengembangan usaha dalam peningkatan pendapatan pelaku UMKM (studi kasus usaha ternak kelinci di Kecamatan Bumiaji Kota Batu) / Reza Ardiansyah

Ardiansyah, Reza (2016) Analisis strategi pengembangan usaha dalam peningkatan pendapatan pelaku UMKM (studi kasus usaha ternak kelinci di Kecamatan Bumiaji Kota Batu) / Reza Ardiansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Ardiansyah, Reza. 2016. Analisis Strategi Pengembangan Usaha Dalam Peningkatan Pendapatan Pelaku UMKM (Studi Kasus Usaha Ternak Kelinci Di Kecamatan Bumiaji Kota Batu). Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Grisvia Agustin, S.E., M.Sc. (2) Dr. Hadi Sumarsono,S.T., M.Si. Kata Kunci : Strategi Pengembangan, Peternak, Kelinci, Analisis SWOT Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) merupakan salah satu bagian penting dari perekonomian suatu negara maupun daerah. Peran penting tersebut telah mendorong pemerintah untuk terus berupaya mengembangkaan UMKM. Kelebihan dari usaha mikro, kecil dan menengah adalah dapat menjadi dasar pengembangan kewirausahaan, dikarenakan organisasi internal sederhana ini mampu meningkatkan ekonomi kerakyatan/padat karya yang berorientasi pada ekspor dan substitusi impor, aman bagi perbankan dalam memberikan kredit karena bergerak di bidang usaha yang cepat menghasilkan, serta mampu memperpendek rantai distribusi, lebih fleksibel dan adaptif dalam pengembangan usaha. Fokus penelitian ini pada upaya pengembangan usaha ternak kelinci melalui alternatif strategi yang telah diformulasikan pasca penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan sampel menggunakan tekniksnowball samplingyangselanjutnya analisis data menggunakan analisis SWOT. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh secara langsung melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan data sekunder diperoleh dari Dinas Pertanian dan Kehutanan Kota Batu. Hasil penelitian dapat diketahui faktor pendorong internal utama usaha ternak kelinci di kecamatan bumiaji yaitu produksi anak kelinci yang tinggi sedangkan yang menjadi faktor penghambat internal usaha yaitu bibit yang terbatas. Sedangkan faktor eksternal utama usaha ternak kelinci meliputi permintaan kelinci yang tinggi dari berbagai daerah dan penyakit ternak. Berdasarkan matriks analisis SWOT dapat dihasilkan alternatif strategi yaitu(a) Memperluas pangsa pasar melalui jaringan yang dimiliki dengan meningkatkan produktivitas melalui penambahan indukan seperti mengimpor indukan berkualitas, (b) Meningkatkan promosi dan penyuluhan mengenai nilai gizi daging kelinci melalui teknologi informasi seperti membuat laman pada internet. Dengan demikian usaha ternak kelinci Kecamatan Bumiaji telah menerapkan pokok strategi mempertahankan dan memelihara (hold and maintenance) melalui penetrasi pasar dan pengembangan produk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42054

Actions (login required)

View Item View Item