Analisis hubungan dan strategi antar produsen Tahu dalam aplikasi game theory di pasar tradisional (studi kasus: Produsen Tahu di Pasar Tradisional Lodoyo Kabupaten Blitar) / Mohamad Khoirun Nasikhin - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis hubungan dan strategi antar produsen Tahu dalam aplikasi game theory di pasar tradisional (studi kasus: Produsen Tahu di Pasar Tradisional Lodoyo Kabupaten Blitar) / Mohamad Khoirun Nasikhin

Nasikhin, Mohamad Khoirun (2016) Analisis hubungan dan strategi antar produsen Tahu dalam aplikasi game theory di pasar tradisional (studi kasus: Produsen Tahu di Pasar Tradisional Lodoyo Kabupaten Blitar) / Mohamad Khoirun Nasikhin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nasikhin Mohamad Khoirun. 2016. Analisis Hubungan dan Strategi Bersaing antar Produsen Tahu aalam Aplikasi Game Theory di Pasar Tradisional. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nasikh S.E. M.P. M.Pd (II) Dr. Farida Rahmawati S.E. M.E. Kata Kunci Persaingan Produsen Tahu Pasar Lodoyo Pasar Lodoyo merupakan salah satu pasar tradisional yang terletak di Kabupaten Blitar. Pasar Lodoyo merupakan pasar tradisional yang masih menganut budaya baik budaya nenek moyang maupun budaya islami. Produsen Tahu merupakan salah satu aktivitas ekonomi yang potensial di Pasar Lodoyo. Namun hubungan persaingan yang kurang baik antar produsen tahu memberikan kerugian bagi pemasaran produknya.Tujuan dalam penelitian ini adalah pertama untuk mengetahui hubungan antar produsen tahu dalam memenuhi kebutuhan konsumen di Pasar Tradisional Lodoyo. Kedua cara produsen untuk unggul mampu meraih konsumen juga berkembang dalam persaingan pasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan jenis kualitatif yaitu melalui studi kasus yang terjadi di Pasar Lodoyo peneliti ingin mendalami topik permasalahan yang terjadi pada hubungan antar produsen tahu dalam persaingan pasar. Hasil penelitian menunjukkan hubungan antar produsen tahu menimbulkan kebutuhan kelompok secara bersama untuk meregulasi persaingan. Namun produsen tahu yang lebih mementingkan kebutuhan pribadi menimbulkan percecokan. Sehingga produsen tahu memiliki insentif yaitu membuat strategi untuk memaksimumkan keuntungan. Strategi yang digunakan meliputi penetapan harga peningkatan kualitas pemberian layanan dan pemilihan lokasi strategis. Selanjutnya strategi yang digunakan produsen tahu akan diikuti oleh produsen lain untuk berkembang di persaingan pasar tradisional. Keadaan tersebut akan berlangsung sampai mencapai titik keseimbangan nash. Sehingga ketika penentuan strategi tersebut telah mencapai keseimbangan nash maka pasar telah mencapai pareto optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42043

Actions (login required)

View Item View Item