Analisis adaptabilitas pedagang pasar Sumedang dalam menghadapi kebijakan relokasi / Dwi Sancokoe - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis adaptabilitas pedagang pasar Sumedang dalam menghadapi kebijakan relokasi / Dwi Sancokoe

Sancoko, Dwi (2016) Analisis adaptabilitas pedagang pasar Sumedang dalam menghadapi kebijakan relokasi / Dwi Sancokoe. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sancoko Dwi. 2016. Analisis Adaptabilitas Pedagang Pasar Sumedang Dalam Menghadapi Kebijakan Relokasi. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Mit Witjaksono MS.Ed. (II) Dr. Farida Rahmawati S.E. M.E. Kata Kunci Relokasi Adaptasi Pedagang. Pasar Tradisional Sumedang merupakan salah satu pasar di Kabupaten Malang yang sedang menjalankan kebijakan relokasi. Kebijakan relokasi dilakukan sebagai salah satu wujud upaya pemerintah untuk memperbaharui kondisi fisik yang ada di pasar. Adanya perubahan yang terjadi pada kondisi fisik pasar ini otomatis akan berdampak pada aktivitas ekonomi pedagang. Penelitian ini dilakukan di pasar Sumedang dengan fokus pada proses adaptasi pedagang pasca direlokasi. Adaptasi perlu dilakukan oleh pedagang sebagai upaya agar tetap bisa bertahan dengan segala perubahan yang ada di pasar. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pemilihan metode ini atas pertimbangan bahwa pedagang di pasar Tradisional Sumedang memiliki latarbelakang dan pengalaman yang berbeda dalam beradaptasi menghadapi perubahan yang terjadi adaptasi yang dilakukan pedagang adalah terhadap aspek fisik pasar yang berubah. Proses ini tidak ditemukan di pasar lain yang tidak mengalami pemindahan lokasi pasar. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan secara langsung terkait aktivitas pedagang wawancara langsung dengan pedagang selaku pihak yang terkena kebijakan dan penelusuran dokumen pendukung penelitian pada dinas terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa relokasi pasar Tradisional Sumedang telah merubah bangunan pasar. Adanya perubahan bangunan pasar mengharuskan pedagang menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungan fisik yang baru. Adaptasi semacam ini disebut sebagai bentuk adaptasi fisik. Bentuk adaptasi fisik yang dilakukan oleh pedagang di pasar Tradisional Sumedang bervariasi. Pola adaptasi pedagang yang ditemukan di pasar Tradisional Sumedang antara lain penyiapan tempat penataan kerjasama dan menambah jasa pelayanan. Seorang pedagang tidak hanya melakukan adaptasi melalui satu cara. Ada pedagang yang melakukan adaptasi menggunakan dua cara atau lebih.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42042

Actions (login required)

View Item View Item