Pengaruh Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), tenaga kerja, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) terhadap tingkat kemiskinan Jawa Timur / Wendy Tandra Anggara

Anggara, Wendy Tandra (2016) Pengaruh Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), tenaga kerja, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) terhadap tingkat kemiskinan Jawa Timur / Wendy Tandra Anggara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggara, Wendy Tandra. 2016. Pengaruh Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Tenaga Kerja, dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Terhadap Tingkat Kemiskinan Jawa Timur. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hadi Sumarsono, S.T, M,Si., (II) Dr. Imam Muklis, S.E, M.Si. Kata Kunci: Kemiskinan, Produk Domestik Bruto Regional, Tenaga Kerja, Indeks Pembangunan Manusia Kemiskinan merupakan masalah multidimensional. Oleh karena itu, upaya pengentasan kemiskinan harus dilakukan secara komprehensif yang mencakup berbagai aspek kehidupan masyarakat dan dilaksanakan secara terpadu. PDRB perkapita digunakan untuk menilai pertumbuhan ekonomi suatu daerah dalam peningkatan kesejahteraan untuk menurunkan jumlah penduduk miskin suatu daerah. Tenaga kerja merupakan salah satu masalah yang dapat meningkatkan kemiskinan, namun kemiskinan juga perlu dilihat dari tingkat pendidikan, kesehatan, dan standar hidup yang merupakan peranan penting proses pembangunan. Tingkat pendidikan dan kesehatan merupakan komponen pembentuk IPM yang digunakan sebagai indikator ekonomi untuk menelaah masalah kemiskinan. Penelitian ini menganalisis faktor yang mempengaruhi kemiskinan di Jawa Timur. Tujuan penelitian ini untuk melihat tiga variabel independen berpengaruh terhadap kemiskinan di Jawa Timur, dengan variabel independen adalah produk domestik regional bruto, tenaga kerja, dan indeks pembangunan manusia baik secara simultan maupun secara parsial. Hubungan antara variabel dependen dengan variabel independen berhubungan positif atau negatif dan menggunakan jenis data sekunder. Penelitian ini menggunakan analisis data sebagai alat pengelolaan data dengan menggunakan program Eviews 7. Analisis dengan menggunakan data panel yaitu kombinasi antara cross section (38 Kabupaten/Kota) dan times series (2010-2013). Pendekatan dalam data panel menggunakan: (1) Common Effect Model, (2) Fixed Effect Model, dan (3) Rondom Effect Model. Selanjutnya, pemilihan model data panel dilakukan uji chow test dan uji hausman test. Hasil penelitian memyatakan adanya pengaruh dari ketiga variabel independen terhadap variabel dependen dengan koefisien determinan 0.983834 (R-Square). Namun secara parsial PDRB tidak berpengaruh terhadap tingkat kemiskinan, sedangkan IPM dan Tenaga Kerja secara parsial mempunyai pengaruh negatif signifikan terhadap tingkat kemiskinan. Oleh karena itu PDRB, tenaga kerja, dan IPM patut menjadi pertimbangan untuk menyelesaikan masalah kemiskinan. Untuk pemerintah hendaknya lebih memperhatikan kemiskinan di Jawa Timur dan membuat program untuk pengentasan kemiskinan dengan peningkatan pendapatan masyarakat, tenaga kerja yang terserap, dan kualitas sumber daya manusia di Provinsi Jawa Timur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42039

Actions (login required)

View Item View Item