Pola alokasi dana remitansi di lingkungan keluarga Tenaga Kerja Wanita (TKW) Kabupaten Ponorogo / Wahyu Prasetiya Dila - Repositori Universitas Negeri Malang

Pola alokasi dana remitansi di lingkungan keluarga Tenaga Kerja Wanita (TKW) Kabupaten Ponorogo / Wahyu Prasetiya Dila

Dila, Wahyu Prasetiya (2016) Pola alokasi dana remitansi di lingkungan keluarga Tenaga Kerja Wanita (TKW) Kabupaten Ponorogo / Wahyu Prasetiya Dila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dila Wahyu Prasetiya. 2016. Pola Alokasi Dana Remitansi di Lingkungan Keluarga Tenaga Kerja Wanita (TKW) Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Farida Rahmawati S.E. M.E. (2) Dr. Nasikh S.E. M.P. M.Pd. Kata Kunci Remitansi Sustainable Development Goals (SDGs) Pembangunan Ekonomi Komunitas Pengalokasian remitansi oleh pekerja migran atau keluarganya dapat dibedakan menjadi dua bentuk yaitu produktif dan konsumtif. Pengelolaan konsumtif jika alokasi pendapatan tidak dapat memperbesar output atau keluaran dan penghasilan di kemudian hari. Pengelolaan produktif apabila pendapatan (remitansi ekonomi) dapat digunakan untuk menciptakan kemandirian ekonomi. Pengelolaan remitansi dapat memberikan pengaruh kepada keluarga TKW atau pada masyarakat sekitar. Apabila dimanfaatkan secara produktif akan dapat membantu mengurangi pengangguran di daerah asal dan menciptakan multiplier effect. Misalnya dengan membuka suatu usaha dengan remitansi sebagai modalnya maka dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola alokasi dana remitansi di lingkungan keluarga TKW Kabupaten Ponorogo dan mengetahui implikasi remitansi terhadap pembangunan ekonomi komunitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan data kuantitatif dengan eksploratoris.Sumber dataprimer diperolehmelaluiwawancaradenganinformanmenggunakandata dari Dinas Sosial Ketenagakerjaandan TransmigrasiKabupatenPonorogomengenai nama alamat asal dan negara tujuan TKW. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasilapangan dan wawancara mendalam semi terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola alokasi dana remitansi di lingkungan keluarga TKW Kabupaten Ponorogo ada dua yaitu alokasi produktif dan alokasi konsumtif. Alokasi produktif adalah investasi dalam bentuk uang yang disimpan di bankuntukdiambil di masadepan membeli sawah dan untuk membangun atau merenovasi rumah. Alokasi konsumtif adalah untukmemenuhi biaya kebutuhan sehari-hari biaya berobat biaya pendidikan dan biaya membayar hutang. Dengan adanya pengalokasian dana remitansi dapat meningkatkan pendapatan masyarakat daerah sekitar maupun masyarakat luar daerah sehingga dapat meningkatkan pembangunan ekonomi daerah dan meningkatkan pembangunan ekonomi di komunitas lingkungan keluarga TKW. Berdasarkan hasil penelitian ini maka saran untuk Pemerintah Daerah Kabupaten Ponorogo adalah pemerintah seharusnya memberikan pelatihan kepada masyarakat membuka suatu usaha yang kreatif dan berinovasi dengan memanfaatkan remitansi sebagai modal usaha. Bagi keluarga TKW adalah seharusnya keluarga TKW dapat mengelola remitansi dengan baik bukan hanya digunakan untuk jangka pendek tetapi juga untuk jangka panjang sehingga dapat digunakan sebagai jaminan nanti setelah pulang bekerja dari luar negeri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42026

Actions (login required)

View Item View Item