Erfinah, Nurul (2016) Analisis strategi pengembangan usaha pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Batik Malangan di kota Malang / Nurul Erfinah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Erfinah Nurul. 2016. Analisis Strategi PengembanganUsahapadaUsahaMikro Kecil dan Menengah (UMKM) Batik Malangandi KotaMalang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan.Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Dr. FaridaRahmawati S.E. M.E (II)Dr. GrisviaAgustin S.E. M.Sc. KataKunci UMKMBatik Malangan Prioritas strategi Berdasarkan datadari Dinas Koperasi dan UMKM KotaMalangsalah satu UMKMyangdapat dikembangkanyaitu UMKMBatik Malangandikarenakan UMKM Batik Malanganmenempati urutan ke6 dari 33 unit usahayangterdapat di KotaMalang. Hasil dari observasi awalpenelitimenemukan 2 permasalahan utamayangdihadapi pemilik Batik Malanganyakni kesulitan dalam mencari tenagakerjadan bersaingdengan batik printingoleh karena itu diperlukanstrategi yangtepat dalam pengembangan usahaBatik Malangan.Untuk menyusunstrategi pengembanganyangtepatmakapeneliti menggunakan 5 alatanalisisyaituMatrik IFAS(InternalFactors Analysis Strategic) Matrik EFAS(External Factors Analysis Strategic) MatrikIE(Internal External) Matrik SWOT (Strenghts Weaknesses Opportunities Treaths) Matrik QSP(QuantitativeStrategic Planning). Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untukmengetahuiprioritas strategi pengembanganyangtepatpadaUMKMBatik Malangan di KotaMalang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitiankualitatifdeskriptif. Data penelitian berupahasil wawancaradari Dinas Koperasi dan UMKM KotaMalang pemilik UMKM BatikMalangan sedangkan pengisian kuisionerberasaldari pemilik UMKM Batik Malangan. Untuk menyusun prioritas strategi pengembanganyangtepat peneliti menggunakan matrik QSP dimanamatrik QSPdiperoleh darimatrikIFAS Matrik EFAS MatrikIEdan Matrik SWOT. Berdasarkan hasil analisis matrik IFASdiketahui kekuatandan kelemahan UMKMBatik Malangan.Berdasarkan hasilanalisis matrik EFASdiketahuipeluangdanancamanUMKM Batik Malangan.Berdasarkanhasil analisis matrikIE diketahui posisi UMKM Batik Malangan.Berdasarkanhasil analisis matrik SWOT diketahui alternatifstrategi pengembangan.Berdasarkan hasil analisis matrik QSP diketahui prioritas strategi pengembanganyangtepat padaUMKMBatik Malanganyaitu 1)Menghasilkan produkyangsesuai dengan pesanan konsumen.2)meningkatkan promosi melalui pameran-pameran ditawarkan keorang-orangbaiksecaralangsungmaupun online.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/42025 |
Actions (login required)
View Item |