Dampak perkembangan sentra UMKM terhadap aspek sosial ekonomi (studi kasus sentra UMKM kerajinan emas perak Desa Pulo, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang) / Mokhammad Zainal Abidin

Abidin, Mokhammad Zainal (2016) Dampak perkembangan sentra UMKM terhadap aspek sosial ekonomi (studi kasus sentra UMKM kerajinan emas perak Desa Pulo, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang) / Mokhammad Zainal Abidin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Abidin, Mokhammad Zainal. 2016. Dampak Perkembangan Sentra UMKM Terhadap Aspek Sosial dan Ekonomi (Studi Kasus Sentra UMKM Kerajinan Emas Perak Desa Pulo, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang). Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Farida Rahmawati, S.E., M.E, (2) Thomas Soseco, S.E., M.Sc. Kata Kunci: Perkembangan Sentra, Aspek Sosial, Aspek Ekonomi Perkembangan sentra pada suatu wilayah merupakan salah satu strategi dalam rangka pengembangan ekonomi lokal serta memberi kebebasan pada UMKM untuk mengembangkan usahanya. Didalam sentra terdapat beberapa pengrajin atau usaha yang sejenis yang saling berhubungan secara intensif dan membentuk persekutuan, baik dengan industri pendukung maupun dengan industri terkait. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak pembentukan sentra UMKM terhadap aspek sosial masyarakat dan aspek ekonomi masyarakat. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh secara langsung melalui kegiatan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data sekunder diperoleh dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lumajang dan Kantor Pemerintahan Desa Pulo. Hasil penelitian menunjukkan jika dampak pembentukan sentra pada kerajinan emas dan perak di Desa Pulo mempengaruhi aspek sosial dan aspek ekonomi. Pada aspek sosial mata pencaharian, menjadi pengrajin bukan merupakan dampak atas pembentukan sentra pada kerajinan emas dan perak di Desa Pulo. Sedangkan pada aspek sosial yang lain yaitu interaksi dan konflik pembentukan sentra pada kerajinan emas dan perak memberikan dampak yang baik, karena di dalam sentra kerajinan emas dan perak terjadi interaksi yang baik antar pengrajin maupun pengrajin dan non-pengrajin, dan tidak pernah terjadi konflik antar pengrajin maupun pengrajin dan non-pengrajin. Dampak pembentukan sentra pada kerajinan emas dan perak di Desa Pulo memberikan dampak yang baik terhadap aspek ekonomi yaitu perkembangan usaha kerajinan emas perak, sarana dan prasarana, kesempatan kerja, dan pendapatan. Berdasarkan hasil penelitian maka saran untuk pemerintah yaitu pemberian bantuan khususnya peralatan harus lebih berpihak pada pengrajin kecil, dan membuka pangsa pasar baru. Dan saran untuk pengrajin harus lebih memanfaatkan fasilitas perbankan, dan berinovasi agar produk mereka mampu bersaing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42006

Actions (login required)

View Item View Item