Dampak kebijaksanaan relokasi terhadap pendapatan pedagang di Pasar Blimbing / Harya Kusumayudha Dwisaputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Dampak kebijaksanaan relokasi terhadap pendapatan pedagang di Pasar Blimbing / Harya Kusumayudha Dwisaputra

Dwisaputra, Harya Kusumayudha (2016) Dampak kebijaksanaan relokasi terhadap pendapatan pedagang di Pasar Blimbing / Harya Kusumayudha Dwisaputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dwisaputra Harya Kusumayudha 2015. Dampak Kebijakan Relokasi Terhadap Tingkat Pendapatan Pedagang Di Pasar Blimbing Jurusan Ekonomi Program Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Sri Umi Mintarti W. SE. MP.AK (II) Dr. Imam Mukhlis SE. M.Si Dengan adanya relokasi pasar Blimbing secara tidak langsung berhubungan dengan tingkat pendapatan pedagang yang ada di pasar Blimbing tersebut. Dengan diperolehnya pendapatan pedagang ini akan berakibat atau berpengaruh pada pemenuhan kesejahteraaan keluarga. Dengan kata lain bahwa akibat adanya relokasi pasar ini akan berpengaruh pada tingkat pendapatan dan pemenuhan kesejahteraan keluarga pedagang. Penelitian ini dilaksanakan di Dinas Pengelolaan Pasar kota Blimbing Malang beserta pedagang yang berlokasi di Jl. Borobudur kota Malang. Analisa data ini dilakukan setelah pengumpulan data dari sumber data selesai. Dalam hal ini sumber data adalah pihak dinas pengelolaan pasar dan para pedagang yang dipilih secara acak kemudian dilanjutkan dengan menelaah semua saluran data yang tersedia dari sumber data baik dari interview maupun observasi dan dokumentasi yang telah tertuliskan dalam catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan mengacu pada permasalahan yang ada yakni dampak kebijakan Pemerintah Daerah tentang relokasi pasar Blimbing terhadap tingkat pendapatan pedagang maka dapat disimpulkan bahwa alasan pemerintah Kota Malang melakukan relokasi pasar Blimbing karena pasarnya sudah kumuh dan rusak perlu perbaikan kalau hujan banjir terus becek Pemerintah membangun dan merelokasi karena pasar Blimbing dianggap sudah tidak layak menjadi sebuah pasar karena fasilitas pendukungnya dianggap sudah tidak memadai. Harapan pemerintah hal ini akan berdampak pada peningkatan pendapatan para pedagang yang direlokasi karena dengan adanya relokasi tersebut ada sebagian pedagang yang diberi tempat gratis untuk berjualan yaitu sebagai pasar tradisional sehingga para pedagang tersebut akan merasakan lebih nyaman. Dengan adanya lokasi relokasi pasar tersebut dekat dengan pabrik maka diharapkan jug banyak para pekerja pabrik yang berbelanja ke pasar tersebut. Peningkatan pendapatan pedagang yang direlokasi saat ini mencapai 10 % hingga 20 persen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41990

Actions (login required)

View Item View Item