Analisis dampak ekonomis dan sosiologis keberadaan ritel modern terhadap masayarakat sekitar (studi kasus pada Indomaret di Kelurahan Sawojajar, Kota Malang) / Stifani Sang Putra P.

Perdana, Stifani Sang Putra (2016) Analisis dampak ekonomis dan sosiologis keberadaan ritel modern terhadap masayarakat sekitar (studi kasus pada Indomaret di Kelurahan Sawojajar, Kota Malang) / Stifani Sang Putra P. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Perdana, Stifani S. 2015. Analisis Dampak Ekonomis dan Sosiologis Keberadaan Ritel Modern terhadap Masyarakat Sekitar (Studi pada Indomaret di Kelurahan Sawojajar - Kota Malang). Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Hari Wahyono, M.Pd, (II) Dr. Hadi Sumarsono, S.T, M.Si. Kata Kunci: dampak, ritel modern, sisi ekonomis , sisi sosiologis, masyarakat. Maraknya perkembangan pasar modern di Indonesia, berdampak positif terhadap intensitas peningkatan sektor ekonomi di Indonesia. Dewasa ini yang sedang merajalela dalam dunia usaha yaitu ritel modern. Keberadaan minimarket seperti Indomaret akan memberikan dampak bagi masyarakat selaku konsumen. Dampak yang ditimbulkan berupa dampak positif dan dampak negatif, hal ini dapat dilihat dari segi ekonomis dan segi sosiologis. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) dampak keberadaan minimarket Indomaret terhadap masyarakat dari segi ekonomis , (2) dampak keberadaan minimarket Indomaret terhadap masyarakat dari segi sosiologis. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang dipaparkan adalah berupa hasil wawancara, catatan-catatan, dokumentasi foto dan arsip. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan fenomenologi yaitu dengan memanfaatkan pengalaman intuitif atas fenomena yang terjadi pada masyarakat sekitar di daerah Kelurahan Sawojajar. Fenomena yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu berkaitan dengan dampak secara ekonomis dan sosiologis masyarakat karena keberadaan ritel modern seperti Indomaret tersebut. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi. Sedangkan analisis data yang digunakan melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data, dilakukan melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari segi ekonomis menunjukkan bahwa adanya dampak positif dan negatif dari keberadaan minimarket Indomaret di Kelurahan Sawojajar. Dampak positif yang diakibatkan oleh keberadaan Indomaret adalah konsumen memperoleh kemudahan dalam berbelanja serta memperoleh kualitas barang yang terjamin. Sedangkan dampak negatif yang ditimbulkan adalah timbulnya sifat konsumtif di masyarakat. Dampak keberadaan indomaret terhadap masyarakat dari segi sosiologis cenderung negatif. Dampak negatif dari segi interaksi sosial adalah berkurangnya komunikasi yang terjadi di masyarakat ketika berbelanja. Dan dampak negatif dari hal gaya hidup adalah timbulnya pola hidup yang cenderung boros dan konsumtif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41988

Actions (login required)

View Item View Item