Danurdoro, Kevin (2016) Pengaruh persepsi kegunaan, kemudahan penggunaan, norma subyektif, dan pengalaman terhadap minat mahasiswa menggunakan internet banking / Kevin Danurdoro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Danurdoro Kevin. 2015. Pengaruh Persepsi Kegunaan Kemudahan Penggunaan Norma Subyektif dan Pengalaman Terhadap Minat Mahasiswa Menggunakan Internet Banking. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dwi Wulandari S.E. M.M (II) Thomas Soseco S.E. M.Sc Kata Kunci Persepsi Kegunaan Persepsi Kemudahan Penggunaan Norma Subyektif Pengalaman Minat Menggunakan Internet Banking Perkembangan internet di Indonesia dirasakan oleh hampir semua kalangan di Indonesia saat ini dan usia mayoritas pengguna internet terbanyak berada di usia 18 - 25 tahun yang mengindikasikan bahwa mayoritas pengguna internet paling dominan adalah mahasiswa. Perkembangan internet membuat semua bidang termasuk perbankan menyediakan layanan berbasis internet yang dinamakan internet banking. Penelitian ini menggunakan model kombinasi TAM (Technology Acceptance Model).Variabel independen pada penelitian ini yaitu Persepsi Kegunaan Persepsi Kemudahan Penggunaan Norma subyektif dan Pengalaman. Sedangkan variabel dependennya adalah Minat Mahasiswa Menggunakan Internet Banking. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel mana yang paling berpengaruh terhadap Minat Mahasiswa Menggunakan Internet Banking. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang Tahun Angkatan 2013 dengan menggunakan metode survei. Penelitian ini memperoleh respon sebanyak 96 orang mahasiswa yang memiliki rekening aktif di bank dan minimal pernah menggunakan internet banking. Uji instrumen pada penelitian ini menggunakan 30 responden dalam sampel dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan SPSS versi 16 for windows. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Persepsi kemudahan penggunaan dan pengalaman berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa menggunakan internet banking. Hal ini disebabkan oleh nilai signifikansi dari persepi kemudahan penggunaan sebesar 0 003 dan pengalaman sebesar 0 000. Ini berarti nilai signifikansi kedua variabel tersebut lebih kecil lebih kecil dari 0 05 (level of significant). (2) Persepsi kegunaan dan norma subyektif berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap minat mahasiswa menggunakan internet banking. Hal ini disebabkan nilai signifikansi dari persepsi kegunaan sebesar 0 089 dan norma subyektif sebesar 0 172. Ini berarti nilai signifikansi kedua variabel tersebut lebih besar dari 0 05 (level of significant). Hal ini berarti bahwa kemudahan penggunaan yang ditawarkan oleh layanan internet banking dan pengalaman mahasiswa akan membentuk minat mahasiswa dalam menggunakan internet banking. Kesimpulan dari penelitian ini diharapkan membuat sektor perbankan untuk memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi minat menggunakan internet banking terutama di kalangan mahasiswa melalui sosialisasi secara langsung dan iklan melalui media sosial.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jan 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/41982 |
Actions (login required)
View Item |