Darma, Emil Yulia (2015) Analisis strategi pengembangan produk dan penyerapan tenaga kerja di Pabrik Rokok Djagung Padi Mas (studi kasus di Pabrik Rokok Djagung Padi Mas Kecamatan Kedungkandang Kota Malang) / Emil Yulia Darma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Yulia Emil. 2015. Analisis Strategi Pengembangan Produk Dan Penyerapan Tenaga Kerja Industri Pabrik Rokok Djagung Padi Mas. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mardono M Si (II) Thomas Soseco S.E M.Sc. Kata Kunci strategi pengembangan produk jumlah produksi penyerapan tenaga kerja. Dewasa ini tingkat persaingan di antara berbagai perusahaan semakin meningkat dan tentunya pada masa-masa yang akan datang persaingan akan semkin ketat. Kondisi ini memposisikan perusahaan agar dapat selalu memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan kepada konsumen terutama terkait dengan produk-produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Fenomena yang ada menunjukkan bahwa tingkat persaingan juga diikuti oleh siklus hidup produk (product life cycle) yang semakin lama semakin pendek. Produk memiliki arti penting bagi perusahaan karena tanpa adanya produk perusahaan tidak akan dapat melakukan apapun dari usahanya. Persaingan industri yang semakin ketat menuntut perusahaan untuk mengoptimalkan seluruh sumber daya yang dimiliki dalam menghasilkan produk berkualitas tinggi agar mampu bertahan dalam persaingan dengan perusahaan lain. Tujuan Penelitian Untuk mengetahui strategi pengembangan produk dan penyerapan tenaga kerja Industri Pabrik Rokok Djagung Di Kedungkandang Kota Malang. Untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam strategi pengembangan produk dan penyerapan tenaga kerja Industri Pabrik Rokok Djagung Padi Mas Di Kedungkandang Kota Malang. Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti dengan menggunakan data yang ada kemudian diuraikan oleh penulis. Analisis data yang digunakan untuk memecahkan masalah adalah sebagai berikut Mempertimbangkan deregulasi industri sebagai salah satu faktor strategis berbagai kemungkinan alternatif strategi (SO ST WO WT). Pengembangan produk dan pengembangan tenaga yang dilakukan PT. Djagung Padi Mas Malang dari tahun 2013-2015. Tahun 2013 pengembangan produk Djagung Pada Hijau 10 Djagung Pada Hijau 16 Djagung Pada Coklat 12 Djagung Pada Coklat 16 memerlukan tenaga kerja berjumlah 300 orang. Tahun 2014 pengembangan produk Djagung Pada Hijau 10 Djagung Pada Hijau 16 Djagung Pada Coklat 12 Djagung Pada Coklat 16 memerlukan tenaga kerja berjumlah 305 orang. Tahun 2015 pengembangan produk Djagung Pada Hijau 10 Djagung Pada Hijau 16 Djagung Pada Coklat 12 Djagung Pada Coklat 16 memerlukan tenaga kerja berjumlah 302 orang. PT. Djagung Padi Mas Malang menjelaskan mengenai Faktor-faktor yang menghambat pengembangan produk yaitu 1. Kekurangan gagasan mengenai produk mahalnya proses pengembangan produk baru siklus hidup produk yang lebih singkat banyaknya produk yang sejenis.Lingkungan internal PT. Djagung Padi Mas Malang. meliputi sumber daya perusahaan sumber daya tersebut yaitu sumber daya berwujud dan tidak berwujud selain itu lingkungan internal juga meliputi kompetensi inti. Disamping lingkungan internal ada juga lingkungan eksternal pada PT. Djagung Padi Mas Malang. yang meliputi lingkungan khusus dan lingkungan umum yang menjadi lingkungan khusus perusahaan antara lain pelanggan pemasok dan pesaing. Sedangkan yang termasuk dalam lingkungan umum yaitu kondisi ekonomi kondisi politik atau hukum kondisi sosial dan budaya kondisi demografi teknologi dan global. ekuatan yang dimiliki PT. Djagung Padi Mas Malang. antara lain memiliki produk yang bervariatif sumber daya yang memiliki loyalitas dan salah satu perusahaan yang memiliki ekuitas merk yang baik. Tidak adanya kekuatan tetapi perusahaan juga memiliki kelemahan yang harus dibenahi antara lain tingkat pendidikan karyawan kurang pangsa pasar yang masih rendah dan sumberdaya manusia yang belum memanfaatkan teknologi belum maksimal. Selain itu ancaman yang dihadapi semakin komplek seperti tingkat inflasi yang belum stabil ancaman pendatang baru persaingan diantara perusahaan rokok citra perusahaan yang masih buruk dimasyarakat. Akan tetapi perusahaan diharapkan mampu mengahadapinya dengan mampu memanfaatkan peluang yang ada yaitu kemajuan teknologi jumlah penduduk yang meningkat tingkat pendidikan yang semakin tinggi pendapatan masyarakat meningkat serta potensi yang dimanfaatkan cukup besar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Dec 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/41973 |
Actions (login required)
View Item |