Analisis tingkat keuangan keluarga di Kelurahan Polowijen Kota Malang / Ringganing Shintia Novia - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis tingkat keuangan keluarga di Kelurahan Polowijen Kota Malang / Ringganing Shintia Novia

Novia, Ringganing Shintia (2015) Analisis tingkat keuangan keluarga di Kelurahan Polowijen Kota Malang / Ringganing Shintia Novia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Novia Ringganing Shintia. 2015. Analisis Tingkat Literasi Keuangan Keluarga di Kelurahan Polowijen Kota Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Wahjoedi M.E. M.Pd. (II) Dr. Imam Mukhlis S.E. M.Si. Kata kunci Literasi keuangan keluarga Literasi keuangan merupakan salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh seluruh masyarakat. Literasi keuangan yang baik akan membimbing masyarakat kepada kesejahteraan keuangan. Masyarakat Indonesia dengan tingkat literasi keuangan rendah memiliki jumlah yang jauh lebih besar daripada masyarakat dengan tingkat literasi keuangan tinggi. Masyarakat dengan tingkat literasi keuangan rendah akan berpeluang lebih besar menerima resiko dari produk dan jasa keuangan yang digunakannya karena ketidaktahuan akan adanya resiko dari produk dan jasa keuangan tersebut.Pada kehidupan keluarga literasi keuangan dengan tingkatan yang baik perlu dimiliki karena sebuah keluarga harus mampu membuat kondisi keuangannya tetap baik untuk mewujudkan tujuan-tujuan keuangan keluarga. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menjelaskan tingkat literasi keuangan keluarga. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi survei wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah peneliti sendiri dan kuesioner. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dengan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa terdapat dua kategori tingkat literasi keuangan keluarga yakni kategori tingkat literasi keuangan tinggi dan kategori tingkat literasi keuangan rendah. Terdapat perbedaan yang menonjol dari dua kategori tersebut. Perbedaan itu menyangkut tindakan keputusan pengetahuan dan opini yang semuanya seputar keuangan. Keluarga dengan tingkat literasi keuangan yang rendah memiliki pengetahuan keuangan yang kurang baik tindakan yang kurang bijaksana keputusan yang kurang tepat dan opini yang salah. Sedangkan keluarga dengan tingkat literasi keuangan tinggi cenderung memiliki pengetahuan keuangan yang baik namun tidak semuanya mampu menggunakan pengetahuan yang dimiliki untuk mencapai tujuan keuangan keluarga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41965

Actions (login required)

View Item View Item