Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah mengambil kredit di BPR Gunung Ringgit Malang / Novi Mega Budiwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah mengambil kredit di BPR Gunung Ringgit Malang / Novi Mega Budiwati

Budiwati, Novi Mega (2015) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah mengambil kredit di BPR Gunung Ringgit Malang / Novi Mega Budiwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Budiwati Novi Mega. 2015. AnalisisFaktor-faktor yang MempengaruhiKeputusan Nasabah Mengambil Kredit di BPR Gunung Ringgit Malang. Skripsi ProgamStudi S1 EkonomidanStudi Pembangunan JurusanEkonomi Pembangunan FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hj. Sri UmiMintarti. S.E. M.P. Ak. (2) Dr. Hj. Lisa Rokhmani. M.Si. Kata Kunci Kredit BPR Budaya Psikologi Pribadi Sosial 7P. Kebutuhan manusia yang sangat beragam kenaikan harga barang maupun jasa yang terjadi yang tidak diimbangi dengan pemasukan yang sebanding selain itu banyaknya masyarakat yang ingin memulai wirausaha menjadikan ladang tersendiri bagi lembaga keuangan untuk menjalankan fungsi intermediasi yaitu dengan menyalurkan kreditnya. Tidak hanya bank umum yang menawarkan fasilitas kredit BPR juga tidak kalah untuk menwarkan kredit kepada masyarakat. Baik bank umum maupun BPR menpunyai strategi khusus untuk menarik minat nasabah untuk mengambil kredit di lembaganya. Setiap Bank Perkreditan Rakyat atau BPR mempunyai strategi sendiri untuk menarik nasabah dengan berbagai fasilitas kredit yang tentunya berbeda dengan BPR lain. Elemen-elemen organisasi perusahaan yang dapat dikontrol oleh perusahaan dalam melakukan komunikasi dengan konsumen dan dipakai untuk menuaskan konsumen. Perluasan bauran untuk jasa terdiri dari 7P Produk Price Place Physical Evidence Process People dan Promotion. Selain bauran pemasaran sebagai faktor eksterna terdapat faktor sosial yang terdiri dari kelurga dan kelompok rujukan.Ditunjang juga dengan faktor internal berupa faktor budaya psikologi dan pribadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah mengambil kredit di BPR Gunung Ringgit Malang baik faktor ekstenal maupun internal. Penelitian mengenai analisis faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah mengambil kredit di BPR Gunung Ringgit Malang menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi sebagai upaya yang dikaukan peneliti untuk mengetahui dan menjelaskan secara lebih mendalam faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah menggambil kredit di BPR.Penelitian ini dilakukan di PT BPR Gunung Ringgit Malang Jalan Raya Dinoyo No 163 Lowokwaru Kota Malang Jawa Timur. Peneliti mewawancarai 8 nasabah BPR Gunung Ringgit Malang. Dari hasil wawancara dari delapan nasabah dapat disimpulkan faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah mengambil kredit di BPR Gunung Ringgit adalah faktor internal berupa faktor budaya yang terdiri dari kelas sosial. Faktor psikologi yang berupa motivasi persepsi pembelajaran dan sikap. Faktor internal yang terakhir yaitu faktor pribadi yang berupa usia jenis pekerjaan dan tingkat pendapatan. Faktor eksternal yang mempengaruhi yaitu faktor sosial yang terdiri dari keluarga dan kelompok referensi.Process people Place Product dan Promotion berpengaruh terhadap keputusan nasabah mengambil kredit sedangkan Price dan Physical evidence tidak berpengaruh terhadap keputusan nasabah mengambil kredit di BPR Gunung Ringgit Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41945

Actions (login required)

View Item View Item