Aslia (2015) Pengaruh program pemberian hadiah dan persepsi tentang tingkat suku bunga terhadap keputusan nasabah dalam menabung pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Cabang Malang Martadinata Unit Dampit / Aslia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Aslia 2015.Pengaruh Program Pemberian Hadiah dan Persepsi tentang Tingkat Suku Bunga terhadap Keputusan Nasabah dalam Menabung pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Malang Cabang Martadinata Unit Dampit. Skripsi Program Studi S1 Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Sri Umi Mintarti Widjaja S.E. M.P. Ak. (II) Dr. Imam Mukhlis S.E. M.Si. Kata Kunci Program Pemberian Hadiah Persepsi tentang Tingkat Suku Bunga Keputusan Nasabah dalam Menabung. Perbankan memegang peranan yang amat penting sebagai sumber modal dan perantara keuangan. Sebagai lembaga keuangan bank amat dibutuhkan masyarakat oleh karena itu pengaturan gerak langkah perbankan sangat erat kaitannya dengan kebijakan moneter pemerintah dalam kebijaksanaan suku bunga merupakan bagian dari kebijakan moneter sebagaimana eratnya kaitan antara bank dan uang yang didukung dengan adanya proses pemasaran. Keberhasilan pemasaran harus didukung dengan adanya promosi penjualan kegiatan yang termasuk dalam promosi penjualan diantaranya yaitu program pemberian hadiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan seberapa besar pengaruh variabel program pemberian hadiah dan persepsi tentang tingkat suku bunga dapat mempengaruhi keputusan nasabah dalam menabung pada PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Dampit. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori yang bertujuan untuk menjelaskan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Dalam penelitian ini terdapat dua variable independen dan satu variable dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah Simpedes BRI Unit Dampit yaitu sebanyak 11200 nasabah. Sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin dengan hasil sebanyak 100 sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling. Hasil analisis menggunakan regresi berganda dengan bantuan program SPSS 21.00 for Windows menunjukkan bahwa (1) program pemberian hadiah berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah dalam menabung (2) persepsi tentang tingkat suku bunga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah dalam menabung dan (3) pengaruh secara simultan dan signifikan antara program pemberian hadiah dan persepsi tentang tingkat suku bunga terhadap keputusan nasabah dalam menabung di BRI Unit Dampit. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa (1) program pemberian hadiah mempengaruhi keputusan nasabah dalam menabung karena dengan adanya program pemberian hadiah yang menarik dan bermacam-macam akan dapat menarik masyarakat untuk menabung di BRI Unit Dampit (2) persepsi tentang tingkat suku bunga mempengaruhi keputusan nasabah dalam menabung karena dengan adanya suku bunga tabungan BRI yang cukup tinggi dan bersaing maka masyarakat akan lebih memilih menginvestasikan uangnya di bank dan (3) program pemberian hadiah dan persepsi tentang tingkat suku bunga memberikan dampak terhadap keputusan nasabah dalam menabung.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/41936 |
Actions (login required)
View Item |