Analisis penggunaan uang elektronik pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (studi kasus: Uang Elektronik Brizzi) / Didin Elok Parastiti

Parastiti, Didin Elok (2015) Analisis penggunaan uang elektronik pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (studi kasus: Uang Elektronik Brizzi) / Didin Elok Parastiti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Parastiti, Didin Elok. 2015. Analisis Penggunaan Uang Elektronik Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (Studi Kasus: Uang Elektronik BRIZZI). Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Imam Mukhlis, S.E, M.Si, (2) Dr. Agung Haryono, S.E, M.P, Ak Kata Kunci: Uang elektronik, minat penggunaan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk Cabang Martadinata Kota Malang telah bekerja sama dengan Universitas Negeri Malang menerbitkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang terintegrasi dengan BRIZZI. Kerja sama ini merupakan salah satu upaya Bank Rakyat Indonesia demi mendukung agenda Bank Indonesia untuk menciptakan less cash society dengan cara meningkatkan penggunaan transaksi non tunai di kalangan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat mahasiswa terhadap penggunaan uang elektronik BRIZZI.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode atau pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan puposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan mendeskripsikan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) terintegrasi BRIZZI tidak meningkatkan penggunaan uang elektronik BRIZZI di oleh mahasiswa. Minat mahasiswa untuk menggunaan uang elektonik BRIZZI sebagai alat pembayaran masih sangat rendah. Beberapa alasan yang menyebabkan rendahnya minat mahasiswa antara lain kurangnya informasi tentang penggunaan, malas mengisi saldo dan tidak semua tempat dapat dilakukan pembayran menggunakan BRIZZI. Penggunaan BRIZZI pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dikategorikan menjadi tiga, yaitu (1) tertarik dan menggunakan uang elektronik BRIZZI (2) tertarik tetapi tidak menggunakan uang elektronik BRIZZI (3) tidak tertarik dan tidak menggunakan elektronik BRIZZI. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bagi (1) mahasiswa supaya memberikan apresiasinya terhadap KTM BRIZZI dan (2) Instansi terkait sebaiknya menyediakan fasilitas layanan yang layak dan memadai khususnya didalam lingkungan kampus untuk memudahkan para pengguna kartu BRIZZI serta disarankan untuk melakukan setidaknya lebih dari satu kali sosialisasi mengenai BRIZZI kepada mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41926

Actions (login required)

View Item View Item