Hutabarat, L.B. Ruth Florida Wulandari Melati (2015) Strategi pengembangan usaha kuliner di Kota Malang berbasis ekonomi kreatif (studi kasus pada cluster kuliner Jl. Pulosari dan Jl. Kawi Kecamatan Klojen Kota Malang) / L.B. Ruth Florida Wulandari Melati Hutabarat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Hutabarat Ruth. 2014. Strategi Pengembangan Usaha Kuliner di Kota Malang Berbasis Ekonomi Kreatif. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Hadi Sumarsono S.T. M.Si (II) Drs. Ach.Ali Wafa M.Pd. Kata Kunci Strategi Pengembangan UMKM Ekonomi kreatif Kota Kreatif. 12288 12288 12288 12288 Ekonomi kreatif merupakan suatu model pengembangan ekonomi yang memiliki upaya pembangunan yang berkelanjutan dan menekankan Human Investment dalam pengembangannya. Usaha kuliner merupakan UMKM yang sangat mudah untuk ditemui dan merupakan salah satu subsektor dari ekonomi kreatif. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini digunakan untuk mengetahui strategi pengembangan usaha kuliner di Kota Malang.. Data didapatkan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam observasi serta dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berasal dari pelaku usaha kuliner di klaster tersebut Dinas Pariwisata serta Dinas Perdindustrian dan Perdagangan Kota Malang. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan metode kualitatif desktiptif dengan studi kasus.Berdasarkan paparan data diperoleh data sebagai berikut 1) Keadaan klaster ini memiliki prospek berkembang untuk kedepannya jika ditinjau dari aspek industri teknologi sumberdaya institusi serta lembaga keuangannya. Dari analisis ke-lima apek pilar tersebut didapatkan hasil yang cukup tinggi dan sangat berpotensi untuk dikembangkan bahkan menjadi basis perekonomian daerah.2) permasalahan yang dihadapi oleh pengusaha kuliner di klaster ini adalah promosi yang kurang masif kekurangan bagian riset dan pengembangan (R D) kenaikan harga BBM usaha kuliner musiman penggunaan teknologi dan inovasi produk yang masih terbatas dan saluran drainase serta tempat pembuangan sampah yang kurang diperhatikan.3) Strategi yang dapat diimplementasikan di klaster ini ialah Model Pengembangan Triple Helix.a) Masyarakat b) pilar yang menjadi titik berat penelitian ini yaitu aspek industri aspek teknologi aspek sumberdaya aspek institusi dan aspek lembaga keuangan c) dan yang terakhir adalah aktor penggerak ekonomi kreatif yaitu pemerintah pebisnis dan kaum cendikiawan. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan paparan data diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa klaster kuliner di Jl.Pulosari dan Jl.Kawi memiliki potensi besar untuk dikembangkan dengan model pengembangan ekonomi kreatif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Mar 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/41910 |
Actions (login required)
View Item |