Peranan kredit BPR dalam meningkatkan pendapatan pedagang kecil di Kota Malang / Dyah Arum Dwi Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peranan kredit BPR dalam meningkatkan pendapatan pedagang kecil di Kota Malang / Dyah Arum Dwi Lestari

Lestari, Dyah Arum Dwi (2015) Peranan kredit BPR dalam meningkatkan pendapatan pedagang kecil di Kota Malang / Dyah Arum Dwi Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Arum Dyah. 2014. Peranan Kredit Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Dalam Meningkatkan Pendapatan Pedagang Kecil di Kota Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ir. Yohanes Hadi Soesilo S.Th. M. Div M.E. (II) Dr. Imam Mukhlis SE. M.Si Kata Kunci Kredit Kredit Mikro Pendapatan Pedagang Kecil Usaha kecil mikro dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu sektor usaha yang menjadi tulang punggung perekonomian nasional. Namun awal dari berkembangnya UMKM berasal dari pedagang kecil. Oleh karena itu banyak pihak mengkritisi bahwa sistem perekonomian nasional masih belum cukup memihak dan memberikan kesempatan kepada para pedagang kecil yang mana mereka adalah rakyat kecil yang kurang mampu terutama dari sisi permodalan. Salah satu lembaga keuangan yang merupakan sumber penyaluran kredit tersebut adalah bank. Bank secara umum memiliki fungsi sebagai lembaga keuangan yang menghimpun dan menyalurkan dana kembali kepada masyarakat melalui kredit maupun jasa- jasa dalam pembayaran dan peredaran uang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk lebih mengetahui bagaimana peran dalam pengembangan usaha dan peningkatan pendapatan para pedagang kecil. Dalam rangka untuk memperlancar proses penelitian tersebut peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan instrumen penelitian yaitu observasi dan wawancara langsung ke obyek penelitian. Tujuan penulis menggunakan pendekatan kualitatif adalah berusaha memberikan gambaran yang sistematis dan akurat mengenai pelaksanaan dari kegiatan penyaluran kredit Usaha Mikro Perbankan kepada para Pedagang Kecil. Informan pada penelitian ini yaitu pihak bank BPR Trikarya Waranugraha sebagai lembaga penyalur kredit dan nasabah yang memperoleh bantuan kredit usaha mikro. Sehingga data dan informasi yang diperoleh sesuai dengan yang diharapkan oleh peneliti. Kesimpulan dari pembahasan ini adalah kredit usaha mikro BPR Trikarya Waranugraha lebih efektif dalam membantu pengembangan usaha kecil para pedagang dan meningkatkan pendapatan para pedagang. Kredit Usaha Mikro BPR Trikarya Waranugraha sendiri memiliki tujuan utama dalam memberikan bantuan tambahan modal bagi para pedagang kecil. Selain itu kredit usaha mikro BPR Trikarya Waranugraha juga memberikan fasilitas pelatihan-pelatihan yang diikuti oleh seluruh nasabah PT. BPR Trikarya Waranugraha. Di lain pihak perbankan juga menuai keuntungan financial dan meningkatnya kepercayaan kepada bank. Saran dari pembahasan ini yaitu seharusnya Bank Indonesia ikut membantu secara intensif dalam perkembangan usaha kecil melalui BPR. BPR Trikarya Waranugraha juga harus lebih aktif dan kreatif dalam mempublikasikan produk produk kreditnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41908

Actions (login required)

View Item View Item