Pengaruh minat baca dan pemenfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS SMP 10 Malang / Dian Virgi Ineke Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh minat baca dan pemenfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS SMP 10 Malang / Dian Virgi Ineke Putri

Putri, Dian Virgi Ineke (2013) Pengaruh minat baca dan pemenfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS SMP 10 Malang / Dian Virgi Ineke Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Putri Dian Virgi Ineke. 2013. Pengaruh Minat Baca dan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS SMP Negeri 10 Malang Tahun ajaran 2012/2013. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Bambang Pranowo S.E. M.Pd. Ak. (2) Ro ufah Inayati S.Pd M Pd. Kata Kunci minat baca pemanfaatan perpustakaan dan prestasi belajar. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Prestasi belajar adalah penilaian pendidikan tentang kemajuan siswa dalam segala hal yang dipelajari di sekolah yang menyangkut pengetahuan atau kecakapan/keterampilan yang dinyatakan sesudah hasil penilaian. Prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Salah satu faktor intern yang mempengaruhi prestasi belajar adalah minat baca apabila siswa senang membaca berarti siswa senang menambah pengetahuan mendapatkan ide-ide baru memperluas pandangan mendapat pengertian-pengertian baru sehingga nantinya mereka memiliki kecerdasan dan pengetahuan yang tinggi yang berguna bagi dirinya sendiri dan berguna bagi orang lain semakin tinggi minat baca akan semakin tinggi pula prestasi belajar siswa tersebut. Salah satu faktor ekstern yang mempengaruhi prestasi belajar yaitu pemanfaatan perpustakaan sekolah. Perpustakaan sekolah adalah salah satu sarana penunjang untuk meningkatkan minat baca dan faktor penunjang kegiatan belajar mengajar. Sebagai salah satu sarana dan prasarana pendidikan perpustakaan sekolah berfungsi untuk membantu siswa dan guru dalam kegiatan belajar mengajar karena dalam perpustakaan sekolah guru dan siswa dapat memperoleh banyak informasi sehingga dapat mencapai tujuan pendidikan dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif hubungan (korelasi) yang bertujuan untuk mengetahui tingkat hubungan antara variabel bebas (independent) terhadap variabel terikat (dependen). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah minat baca (X1) dan pemanfaatan perpustakaan (X2) sedangkan variabel terikat adalah prestasi belajar (Y). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 10 Malang Tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah populasi 262 siswa dan sampel 158 siswa teknik pengambilan sampel adalah propotional random sampling dengan menggunakan rumus slovin dan randomnya menggunakan cara diundi. Rancangan analisis data dalam penelitian ini menggunakan desain faktorial karena dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis desain faktorial maka variabel bebas dibagi dalam beberapa kategori yaitu minat baca baik (X1a) minat baca kurang (X1b) pemanfaatan perpustakaan baik (X2a) dan pemanfaatan perpustakaan kurang (X2b). Analisis data yang digunakan adalah analisis two ways anova dan uji post hoc tukey dan koefisien determinasi (R2) pada taraf signifikansi 0 05. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan analisis hasil penelitian di SMP Negeri 10 Malang menunjukkan (1) Minat baca berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai sig (0 000). (2) Pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai sig (0 001). (3) Terdapat perbedaan antara Y(X1a.X2a) dengan Y(X1a.X2b) pada p 0 025. (4)Terdapat perbedaan antara Y(X1a.X2a) dengan Y(X1b.X2a) pada p 0 000. (5) Terdapat perbedaan antara Y(X1a.X2a) dengan Y(X1b.X2b) pada p 0 000. (6) Terdapat perbedaan antara Y(X1a.X2b) dengan Y(X1b.X2a) pada p 0 001. (7) Terdapat perbedaan antara Y(X1a.X2b) dengan Y(X1b.X2b) pada p 0 000. (8) Tidak ada perbedaan antara Y(X1b.X2a) dengan Y(X1b.X2b) pada p 0 299. Selain itu dari analisis two way anova nilai R Squared adalah 0 386. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara minat baca terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 10 Malang tahun pelajaran 2012/2013. (2) Terdapat pengaruh positif yang signifikan pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 10 Malang tahun pelajaran 2012/2013. (3) Terdapat perbedaan antara Y(X1a.X2a) dengan Y(X1a.X2b). (4)Terdapat perbedaan antara Y(X1a.X2a) dengan Y(X1b.X2a). (5) Terdapat perbedaan antara Y(X1a.X2a) dengan Y(X1b.X2b). (6) Terdapat perbedaan antara Y(X1a.X2b) dengan Y(X1b.X2a). (7) Terdapat perbedaan antara Y(X1a.X2b) dengan Y(X1b.X2b). (8) Tidak ada perbedaan antara Y(X1b.X2a) dengan Y(X1b.X2b). 12288 12288 12288 12288 Saran yang dapat diajukan dari (1) Bagi Guru hendaknya lebih memotivasi dan membina kemampuan membaca para siswa dengan sering kali mengadakan proses belajar yang melibatkan perpustakaan sekolah melalui menugaskan siswa berkunjung ke perpustakaan. (2) Bagi Sekolah hendaknya menyediakan bahan-bahan pustaka yang lebih beragam. (3) Bagi Pustakawan hendaknya memilih bahan bacaan yang menarik memberikan kebebasan membaca.mengelolah perpustakaan dengan baik dan bersikap ramah dsb. (4) Bagi Peneliti Selanjutnya hendaknya mengembangkan indikator variabel yang diteliti selain itu peneliti sehingga hasil yang diperoleh akan lebih baik dan maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41896

Actions (login required)

View Item View Item