Makna program corporate social responsibility bank bagi masyarakat (studi kasus pada bank BRI Martadinata Malang) / Afif - Repositori Universitas Negeri Malang

Makna program corporate social responsibility bank bagi masyarakat (studi kasus pada bank BRI Martadinata Malang) / Afif

Afif (2013) Makna program corporate social responsibility bank bagi masyarakat (studi kasus pada bank BRI Martadinata Malang) / Afif. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci CSR (Corporate Social Responsibility) Berdasarkan observasi awal Bank BRI Martadinata Malang permasalahan yang ditemukan peneliti program sejatinya merupakan manifestasi dari kepedulian perusahaan terhadap lingkungan dimana ia melaksanakan usaha. Hanya saja kepedulian ini kerap baru muncul setelah timbul masalah dengan masyarakat. Jadi ada argumen buruk yang secara umum terjadi bahwa CSR dijadikan alat untuk menyelesaikan keresahan sosial akibat keberadaan suatu perusahaan. Hal ini mengakibatkan antara masyarakat dan perusahaan seolah missinformasi. Pada akhirnya program CSR akan menjadi tidak efektif. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Bank BRI Martadinata Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara mendalam kepada supervisor Bank BRI Martadinata. Sedangkan analisis data meliputi mereduksi data penyajian data penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa format CSR di Bank BRI Martadinata ada 2 yaitu Strategic Program dan Responsive Program Serta makna bagi usaha dan sosial masyarakat tidak berjalan lancar hal ini dikarenakan tidak adanya kelanjutan program yang berkala. Hal ini ditunjukkan dengan ketidakmerataan dampak CSR bagi masyarakat sekitar yang belum menikmati sepenuhnya hak 30 persen dari laba perusahaan tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa CSR bagi masyarakat sangatlah minim sekali terbukti dengan tidak adanya keterbukaan tentang pelaksanaan dan besar bantuan yang diberikan kepada masyarakat. Sehingga masyarakat belum menikmati secara layak atas proporsi CSR yang dikeluarkan Bank X. Perusahaan disarankan hendaknya pihak bank melakukan transparansi tentang dana yang dikeluarkan untuk masyarakat dan hendaknya masyarakat menerima hak 30 persen laba perusahaan untuk kesejahteraan masyarakat tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41895

Actions (login required)

View Item View Item