Saraswati, Rakhma Soka (2013) Penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dan Number Head Together (NHT) untuk menibngkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII-1 SMP Negeri 21 Malang / Rakhma Soka Saraswati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Saraswati Rakhma Soka. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dan Number Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII-1 SMP Negeri 21 Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Achmad Ali Wafa M.Pd (II) Agus Sumanto S.E M.Si Kata Kunci Two Stay Two Stray (TSTS) Number Head Together (NHT) hasil belajar 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti di SMP Negeri 21 Malang kegiatan pembelajaran yang dilakukan cukup bervariasi namun guru sering menggunakan metode ceramah tanya jawab dan membahas latihan soal kebanyakan kegiatan pembelajaran masih terpusat pada guru siswa kurang diberi kesempatan untuk mengembangkan kreativitasnya dan belum terlibat dalam pembelajaran seutuhnya. Sehingga siswa merasa bosan dan mengantuk di kelas hal tersebut berdampak terhadap rendahnya hasil belajar siswa. 12288 12288 12288 12288 Untuk mengatasi hal ini peneliti menggunakan kolaborasi model Two Stay Two Stray (TSTS) dan Number Head Together (NHT). Model pembelajaran TSTS memacu siswa lebih bisa berdiskusi dengan baik dengan siswa dalam kelompoknya maupun dari luar kelompoknya. Model pembelajaran NHT melatih seluruh siswa untuk bisa memahami materi yang didiskusikan karena siswa yang menjawab pertanyaan ditunjuk berdasarkan nomor yang diambil secara acak. 12288 12288 12288 12288 Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Pada penelitian tindakan kelas ini kegiatan pembelajaran akan dimulai dari (a) menyusun rancangan tindakan atau planning (b) melaksanakan tindakan atau action (c) pengamatan tindakan atau observation (d) melakukan refleksi atau reflection. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes observasi wawancara dan dokumentasi. 12288 12288 12288 12288 Hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II berdasarkan nilai pre test mengalami kenaikan dari rata-rata 69 menjadi 72 siswa yang tuntas sebanyak 27 menjadi 30 siswa. Sedangkan berdasarkan nilai post test mengalami kenaikan dari rata-rata 78 menjadi 82 siswa yang tuntas sebanyak 35 siswa menjadi 42 siswa. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar dan sudah memenuhi ketuntasan klasikal yang diharapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran TSTS dan NHT dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS Terpadu siswa kelas VII-1 SMP Negeri 21 Malang. 12288 12288 12288 12288 Guru IPS Terpadu disarankan menerapkan kolaborasi penerapan model pembelajaran TSTS dan NHT dalam mengembangkan strategi pembelajaran alternatif di kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penerapan model ini perlu disesuaikan dengan materi dan waktu pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/41891 |
Actions (login required)
View Item |